BUPATI SAMPANG & WAKIL “KOMPAK” HADIRI PETIK LAUT DESA BANYUATES



Sampang, lpktrankonmasi.com – Warga Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang  gelar acara Petik Laut Selasa (03/09/2019). Petik Laut atau dikenal juga dengan istilah Roket Tasek adalah  upacara masyarakat nelayan untuk menyelamatkan nelayan dari bencana dan rintangan apapun yang mungkin akan dihadapi ketika melaut dan dapat memberikan hasil tangkapan ikan yang banyak. Makna yang terkandung dalam acara Petik Laut ini adalah ungkapan pengharapan rejeki yang berlimpah, juga bermakna sebagai ungkapan terimakasih karena yang ditanam akan membuahkan hasil.

Kompak hadir diacara tersebut Bupati Sampang H. Slamet Junaidi beserta Wakil Bupati Abdullah Hidayat. Mereka bersama-sama mengikuti acara istiqosah, dan juga larung sesaji hingga mengikuti acara tandek (joget) Madura.
 Dalam sambutannya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan,”Terima kasih, kehadiran kami disambut oleh tarian-tarian, ini adalah salah satu wujud langkah nyata dalam melestarikan kesenian dan budaya kita. Ini suatu kebanggaan bagi kita. Kami berharap tahun depan akan lebih meriah lagi kami bantu support. Dan kami akan hadir,”lanjut beliau.

“Dan tolong, kepada Disbudparpora untuk membantu masyarakat dalam rangka melestarikan kesenian dan budaya daerah,”lanjut H. Slamet Junaidi.
“Event ini adalah untuk pertamakalinya kami datang berdua setelah kami dilantik.”
Pesan khusus dari Bupati Sampang,”Tolong buatkan kalender khusus agar setiap tahun kami bisa hadir di event ini.”
Bupati menandaskan diakhir sambutannya,”Mari kita jaga keindahan pantai ini tolong jangan menambang pasir dan membuang sampah sembarangan.”
Kades Banyuates, Nurul Hasanah, SH saat diwawancarai awak media lpktrankonmasi.com menyampaikan,” Semenjak kami dilantik jadi Kades sudah dua kali acara Roket Tasek ini digelar setiap 2 tahun sekali dan  agar acara Roket Tasek ini dapat berjalan lancar dan meriah. Harapan kami kepada Bupati Sampang untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir agar pendapatan perkapita masyarakat pesisir naik.
“Untuk masalah sampah kami sudah buatkan bak sampah dan sudah berjalan kurang lebih 2 dua bulan. Alhamdulillah hal ini sudah mengurangi dan selanjutnya akan kami tingkatkan,” pungkasnya. (Varies)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »