MENGENAL LEBIH DEKAT SOSOK YON ARMED 11 KOSTRAD




Magelang, lpktrankonmasi.com-Batalyon Artileri Medan 11/Guntur Geni Yudha disingkat Yon Armed 11/Guntur Geni merupakan satuan pelaksana bantuan tempur di jajaran Resimen Artileri Medan 1/Putra Yudha di bawah Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad. Dengan spesialisasi Meriam jenis m-48 buatan Yugoslavia kaliber 76 mm. Batalyon ini berdiri pada tanggal 27 Juni 1962

Mayjen TNI Sarbini selaku Panglima Kodam VII/Diponegoro, yang telah memprakarsai Batalyon Armed dengan mengeluarkan surat perintahnya Nomor Sprin / 573 / VI / 1962 tanggal 27 Juni 1962 tentang pembentukan satuan-satuan Armed yang baru disamping Satuan Armed yang telah ada yaitu Armed Dam VII/Diponegoro, Batalyon Armed 11/76 dan Baterai Armed BS-2/120. Dalam perkembangannya tanggal 27 Juni ditetapkan sebagai hari jadi Satuan Batalyon Artileri Medan 11.

Yon Armed Medan 11 berlokasi di Kota Magelang Jawa Tengah tepatnya di komplek Rindam IV/Diponegoro, dengan luas area sekitar 5 hektar yang terbagi menjadi beberapa wilayah yakni Kesatrian I, Kesatrian II, rusunawa, Perumahan Jendral, dan komplek perumahan Perwira.


Pada saat dibentuk pertama kali Batalyon Artileri Medan 11 dipimpin oleh Letnan Kolonel Art Sudiman Saleh dengan kekuatan 1 Batalyon terdiri dari Mayon, 1 Baterai Markas, 1 Baterai Perawatan dan 3 Baterai Tempur. Diawal pembentukannya, Batalyon Artileri Medan 11 merupakan Batalyon Armed Komposit yang terdiri dari 3 jenis Alut Sista yaitu Meriam 76 mm, 88 mm dan 105 mm.

Selama Yon Armed 11/76/GG/1/2 Kostrad berdiri sudah terjadi 28 kali pergantian kepemimpinan Komandan Batalyon, Komandan yang pertama adalah Letnan Kolonel Art.Sudirman Saleh, dan saat ini dipimpin oleh Letnan Kolonel Arm Asep Ridwan, SH, M.Han.


 Di bawah kepemimpinan Letnan Kolonel Arm Asep Ridwan, SH, M.Han saat ini, Yon Armed 11/76/GG/1/2 Kostrad memiliki motto “Cepat Dahsyat Mengglegar” dengan semboyannya “Vajra Ambrung Nirbaya” yang memiliki makna prajurit Guntur Geni dengan senjata yang mengeluarkan petir, memiliki daya ledak besar yang menghancurkan dengan gemuruh suara menggelegar akan selalu setia kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, tidak gentar dalam menghadapi bahaya serta pantang menyerah.

Di bawah kepemimpinan Letnan Kolonel Arm Asep Ridwan, SH, M.Han, telah mengukir berbagai macam prestasi diantaranya adalah juara 1 lomba Tonping YWP 2017, Juara 1 Tontangkas Div 2/K 2018, juara 2 lomba menembak pada Por Prov Jateng 2018, juara 3 Charity Run 2019 di Yogyakarta, 2 medali emas di ajang tarung bebas Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Purbalingga, 1 medali emas dan 2 medali perak Kejurnas Wushu di Semarang, medali perunggu Kejurnal Piala Presiden di Pangkal Pinang dan 3 medali emas Kejurnas TBI Junior di Malang.
Dengan berbagai prestasi yang telah berhasil diraih dan karya bhakti Yon Armed 11 Kostrad lebih disegani dan dikenal masyarakat luas. (Agung Libas-Sri W)





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »