START UP BISNIS HOLTICULTURA BERPOTENSI MENGURANGI ANGKA PENGANGGURAN


Magelang, lpktrankonmasi.com -Semasa pemerintahan Orde Baru, pembangunan ekonomi mampu menambahkan banyak pekerjaan baru di Indonesia, yang dengan demikian mampu mengurangi angka pengangguran nasional. Sektor-sektor yang terutama mengalami peningkatan tenaga kerja (sebagai pangsa dari jumlah total tenaga kerja di Indonesia) adalah sektor industri dan jasa sementara sektor pertanian berkurang tetapi  pada  paska krisis moneter (krismon) dan  setelah era reformasi  terutama  pada  periode  JOKOWI pada populasi  tenaga kerja  di sektor pertanian dan  kontruksi meningkat tajam seiring dengan progam Nawa Cita Jokowi di bidang infra struktur mendukung progam swa sembada pangan. Hal ini sejalan juga dengan  Dasa Cita Bupati Magelang poin 5 Pengembangan sektor unggulan secara terpadu, melalui pemanfaatan sektor pertanian, pariwisata dan UMKN untuk peningkatan  kesejahteraan rakyat terpadu.
 Hal senada diungkapkan oleh Sriyanto Ahmad Ketua DPC PROJO Kabupaten Magelang, Bahwa Masa Depan Sektor Pertanian sangat bagus untuk Startup karena masih bisa di ekploitasi karena termasuk bisnis yang terbaru, walaupun pada tataran perkembangan usaha di bidang pertanian dapat edukasi yang berguna untuk peningkatan kualitas SDP Pengusaha pertanian,” ucapnya.



 Sriyanto Ahmad Ketua DPC Projo Kab. Magelang

Hal senada Juga diutarakan oleh Tunof Mondro Admojo salah  Satu pengusaha sukses asal Magelang bahwa kebijakan dan program pertanian era pemerintahan Jokowi-JK sudah sangat berpihak kepada kepentingan petani dengan adanya pembangunan infra Struktur banyak dibangunnya Embung,  saluran irigasi, subsidi pupuk dan dana  bantuan untuk kepentingan  Petani .
Menurutnya, pertumbuhan investasi dan pertumbuhan ekspor serta nilai tambah diterima langsung petani. "Ruang mafia yang menginginkan impor memang benar-benar ditutup mati."klaim Tunov.
Hai itu juga diungkapkan  oleh Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir menyatakan, kebijakan pangan saat ini sangat terlihat jelas berpihak kepada petani. Banyak regulasi yang menghambat dicabut dan direvisi, keluhan petani seperti kelangkaan pupuk juga diperhatikan.
Dia menyebutkan ada 40 kasus pupuk oplos yang menghantui petani juga diselesaikan dengan cepat. "Persekongkolan tata niaga yang dipermainkan kartel daging sapi, ayam, telur, jagung dan lainnya juga sudah ditindak bekerjasama dengan KPPU," ujar Winarno.
Winarno menekankan kebijakan membasmi mafia pangan baik di internal dan eksternal, memang kurang disukai sekelompok orang. Sangat wajar bila banyak pihak yang menjadi mafia pangan terus mencoba segala macam cara termasuk menyebar kabar hoax untuk menjatuhkan kinerja pangan saat ini.
"Padahal harus diakui pembangunan pertanian saat ini sangat revolusioner dan sepenuhnya berpihak kepada petani. Banyak mafia impor diblack-list seperti importir bawang merah," ujarnya.
Winarno menambahkan kebijakan pemerintah melakukan transparansi seluruh kegiatan di Kementan sejauh ini sudah bagus. Di antaranya dengan memperketat izin impor dan pelaporan gratifikasi ke KPK. Program bersih-bersih di internal Kementan jadi tonggak awal keberhasilan, yakni dengan memutasi, mendemosi dan memecat lebih dari 1.295 pejabat.
Maka dengan perpindahan besar tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan di daerah perkotaan karena Krismon pindah ke pedesaan dan masuk ke dalam sektor informal (terutama di bidang pertanian).
Walaupun Indonesia telah mengalami pertumbuhan makro ekonomi yang kuat sejak tahun 2000-an (dan Indonesia telah pulih dari Krismon), sektor informal ini - baik di kota maupun di desa - sampai sekarang masih tetap berperan besar dalam perekonomian Indonesia. Walau agak sulit untuk menentukan jumlahnya secara pasti, diperkirakan bahwa sekitar 55 sampai 65 persen pekerjaan di Indonesia adalah pekerjaan informal terutama pekerjaan informal itu terkonsentrasi di wilayah pedesaan, terutama di sektor konstruksi dan pertanian.
Dipekerjakan di sektor informal menyiratkan risiko tertentu karena pekerja sektor informal biasanya memiliki pendapatan yang lebih rendah dan tidak stabil. Lagipula mereka tidak memiliki akses ke perlindungan dan layanan dasar. Sementara itu, arus uang di sektor informal tidak dikenakan pajak dan kegiatan informal tidak dapat dimasukkan dalam perhitungan produk nasional bruto (PNB) atau produk domestik bruto (PDB). Oleh karena itu, pada dasarnya, sektor informal tidak baik bagi pekerja dan tidak baik bagi perekonomian tetapi dengan kebijakan petani hari memiliki NPWP secara otomatis   Pengusaha di bidang pertanian akan dapat jasa layanan pelaporan bisnis karena harus melaporkan  pajaknya.  Khususnya  Kabupaten magelang Dinas Pertanian dan Pangan Plt Kepala dinas pertanian  Ir Tri Agung Sucahyono  mengungkapkan  pihaknya telah Bersatu padu untuk meningkatkan sektor pertanian  apalagi memasuki RPJMD tahun 2019 s/d 2024 untuk meningkatkan pelayanan prima di sector pertanian.” Ungkapnya. Maka  bisnis pertanian  dan holticultura sangat bagus untuk memulai bisnis atau karir di usaha agrobisnis khususnya di Kabupaten Magelang karena di daerah vulkanis Merapi yang sangat subur tanahnya.
(Sri W)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »