PEMDES TLAGAH GELAR MUSRENBANGDES TAHUN ANGGARAN 2020 “HASIL PEMBANGUNAN DESA TLAGAH”


Sampang, lpktrankonmasi - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tlagah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2020, yang bertempat di rumah Kepala Desa Tlagah pada hari Senin, (21/10/2019).
Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Camat Banyuates, Kapolsek Banyuates, Danramil Banyuates, Forkopimcam, Dinas Kesehatan, kelompok tani, PKK, Pemdes, Pendamping Lokal Desa,  serta Kepala Dusun se-Desa Tlagah dan Karang Taruna Desa Tlagah.
Kepala Desa Tlagah, Chotibul Umam,S.Pd dalam sambutannya mengatakan,”Semua dusun sudah memberikan usulan-usulan waktu musyawarah desa (Musydes) yang akan diprioritaskan pada anggaran tahun 2020 melalui bidang-bidangnya.”
"Untuk tahun 2020 juga diprioritaskan kepengentasan stunting bekerja sama dengan Puskesmas Banyuates, yang mana pemerintas desa Tlagah sudah berkomitmen untuk masalah stunting ini."ujarnya.
Lanjut Umam sapaan Akrabnya,”Mohon maaf untuk ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak bisa hadir dikarenakan izin sakit dan juga Kepala Dusun Bringkoneng ijin tidak bisa hadir diacara hari ini."
Pendamping Lokal Desa Tlagah, Syamsi memaparkan,”Progres Desa Tlagah anggaran tahun 2019 ada 7 kegiatan fisik di bidang pembangunan. Ada yang sudah 100% dan ada yang belum dikerjakan.”
Panjang lebar Syamsi mengatakan,”Pembangunan yang sudah selasai meliputi rehab lapangan sepak bola di Dusun Tlagah Barat dan di Dusun Sumber Nangah, serta pembangunan sumur bor dan seppiteng di Dusun Tlagah Timur.”
"Sedangkan yang belum selasai meliputi, pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) dan Pengaspalan di Dusun Pangkang, Pembangunan Sarana Air Bersih di Dusun Tlagah Barat dan Jalan Rabat Beton di Dusun Bringkoneng, ini semua harus selesai tahun 2019 setelah DD-3 dicairkan oleh Bapak Kepala Desa."tuturnya.
Lanjut Syamsi,” Sedangkan Untuk Usulan Anggaran tahun 2020 meliputi Pengaspalan dan Tebing Penahan Tanah (TPT) di dusun Lonsaba, Pengaspalan di dusun Toguran, Pengeboran 1 unit dan pintu gerbang di dusun Tlagah Barat, Pengaspalan,pintu gerbang dan saluran di Dusun Bringkoneng, Pengeboran dan pintu gerbang kecil di Dusun Tlagah Timur, dan untuk Dusun Pangkangkang ialah Jalan Rabat Beton, lalu Pengaspalan dan Tebing Penahan Tanah (TPT) di Dusun Sumber Nangah dan 1 unit pengeboran di Dusun Morombuk.
"Untuk Pemberdayaan Sumber Daya Manusianya Meliputi Pelatihan Hydroponic, Technologi Tepat Guna/Lampu penerang jalan, Study Banding Perangkat desa dan Pengentasan Masalah Stunting, dan yang terakhir saya ingin menyampaikan pesan dari bapak Dirjen Kementerian Desa, Jangan mengaku camat millineal, Jangan mengaku Kades millineal dan Jangan mengaku pendamping millineal kalau struktur APBdes desa itu masih berputat pada kegiatan rabat beton, pengaspalan tanpa merencanakan program pengentasan kemiskinan".tutupnya.
Fajar Sidiq, selaku Plt Camat Banyuates menyampaikan bahwa pembangunan pada tahun 2020 mulai provinsi sampai desa bukan hanya fokus dipembangunan fisiknya saja namun yang butuh dibangun itu juga pembangunan pemberdayaan manusianya.
"Jika mengadakan pelatihan Sumber Daya Manusia jangan sampai salah sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tlagah, dan yang progres yang sudah terialisasikan ayo jaga bersama dan nikamati manfaatnya, sedangkan yang belum terialisasikan segera dikerjakan karena semua itu sudah menjadi usulan masyarakat," ujarnya.
Kapolsek Banyuates Iptu Sukadi, Mengajak masyarakat Tlagah untuk tidak terpengaruh dengan berita bohong,serta ikut memberantas dan menjauhi narkoba.
"Mari kita sama-sama saling rangkul merangkul untuk ciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) ,"tutupnya.
(naf)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »