“BULAN MENANAM POHON INDONESIA 2019” VITA ERVINA, S.E., M.B.A HADIRI PENANAMAN POHON DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI

Magelang, lpktrankonmasi.com – Taman Nasional Gunung Merapi  mengalami kerusakan ekosistem akibat kebakaran hutan beberapa bulan lalu (sekitar Oktober 2019).  Luasan yang terbakar,  mencapai sekitar 265 hektare. Tepatnya meliputi Blok Gentong, RPTN Srumbung, dan SPTN Wilayah I Kecamatan Srumbung.  
Bertepatan dengan Bulan Menanam Pohon Indonesia 2019, Minggu (22/12) telah dilaksanakan 'Penanaman Pohon Pasca Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi' yang dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina, S.E., M.B.A, Anggota Komisi IV dan Badan Legislatif (Baleg) DPR RI dari Dapil Jateng 6, TNI, Polri, BPBD Kabupaten Magelang, DLH, PMH, PLS, Pokwis, KNPI, Ormas PP Kabupaten Magelang, dan relawan lainnya.
Vita Ervina, S.E., M.B.A, sangat mengapresiasi dengan kegiatan penanaman pohon di lereng Gunung Merapi ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sekali, karena hutan yang terjaga kelestariannya akan mendorong  potensi lain. Salah satunya Kawasan Wisata Jurang Jero yang sedang di kembangkan oleh Balai TNGM.
"Guna mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia yang terjadi secara terus menerus, kami Anggota DPR khususnya Komisi IV bersama dengan Pemerintah mendorong RUU Pencegahan Kebakaran dan Perusakan Hutan untuk segera dilakukan pembahasan," terang Vita E.
"Selain itu, kami dari Fraksi PDI Perjuangan secara khusus mendorong RUU Konservasi Keanekaragaman Hayati guna melindungi keberlangsungan keanekaragaman hayati dan ekosistem," tambahnya.
Sementara Ketua Ormas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Magelang, Herwan Santoso merasa terpanggil dengan adanya penanaman pohon ini. Pihaknya akan selalu bersinergi dengan seluruh Instansi yang berada di Kabupaten Magelang, dan tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Magelang.
"Melalui 'Penanaman Pohon Pasca Kebakaran di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi' mari kita saling bersinergi, khususnya dalam menjaga lingkungan, hutan, dan alam sekitar," jelasnya mengakhiri perbincangannya dengan awak media.

Kelestarian ekosistem hutan perlu kita jaga, karena hutan merupakan sumber oksigen yang terbesar, tanpa adanya hutan, bisa kita bayangkan gimana nantinya hidup kita. Hutan menjadi paru-paru dunia, hutan menopang hidup kita. 
(Iqbal R)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »