DISINYALIR “PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TANPA IDENTITAS DI DESA TLAGAH”



Sampang - Setiap pembangunan harus ada papan informasi, baik itu pokmas maupun DD yang mana mengacu pada Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Diduga di Dusun Toguran, Desa Tlagah Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang ditemukan adanya dugaan pembangunan infrastruktur berupa pengaspalan dan rabat beton yang sudah selesai namun tidak ada papan informasi sehingga menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan terhadap masyarakat apakah itu Pokmas ataukah Dana Desa (DD) ? Kamis, (20/01/2020)

Menurut salah satu Humas PAC Projo Banyuates, Hafid  mengatakan," Ada laporan dari salah satu warga Dusun Toguran Desa Tlagah Kec.Banyuates  bahwa ada pengerjaan pembangunan pengaspalan dan rabat beton sudah selesai dikerjakan sekitar 4 bulan yang lalu." tuturnya kepada saya.

" Setelah saya turun langsung mengecek lokasi ternyata Pembangunan tersebut membuat Warga kebingungan karena tidak jelas, seharusnya ada papan informasi yang terpampang sehingga kami bisa mengetahui apakah pembangunan ini pokmas ataukah dana desa ." jelasnya.

"Papan informasi merupakan kewajiban sebagai bentuk transparansi pelaksanaan anggaran. Pada papan informasi memuat informasi tentang satuan kerja pelaksana, jenis pekerjaan, nomor dan tanggal kontrak, tahun anggaran, waktu pelaksanaan, biaya, pelaksana dan konsultan pekerjaan. Saya tidak melihat papan pengumuman pada pelaksanaan sampai selesainya pembangunan pengaspalan dan rabat beton yang berada di dusun kami ini, padahal itu sebuah kewajiban untuk memenuhi asas transparansi." imbuhnya.

Hadi Purnomo selaku Pendamping Desa Kec.Banyuates saat diwawancarai awak media," Kalau di Ds. Tlagah Dsn.Toguran memang ada pengerjaan Dana Desa Pengaspalan dan juga gorong-gorong kalau rabat beton saya tidak tahu mas,  lebih jelasnya mas sampeyan hubungi Bapak Kadesnya karena sekarang saya sudah pindah ke Sokobanah bukan di Banyuates lagi ," kata Hadi kepada Awak Media media lpktrankonmasi.com saat dikonfontir.

Sedangkan Kepala Desa Tlagah, Chotibul Umam, S.Pd saat dihubungi melalui telepon seluler oleh awak media lpktrankonmasi.com tidak diangkat berkali-kali hingga  berita ini diterbitkan.
(Alex)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »