PEMERINTAH KECAMATAN BANYUATES DAN PKM BANYUATES GELAR GEBYAR PTM

Sampang - Dalam rangka silaturahmi dan upaya meningkatkan koordinasi serta sinergitas instansi atau lintas sektor dengan masyarakat di tingkat Kecamatan Banyuates dalam memberikan pelayan publik kepada masyarakat di gelarlah Gebyar PTM (Penyakit Tidak Menular). Dalam pelaksanaannya diisi dengan acara senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis, Jum'at (17/01/2020).


Fajar Sidiq,S.STP, M.Si, Camat Banyuates menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya senam bersama ini selain untuk menjaga kesehatan tubuh juga menjaga hubungan kerjasama dengan mitra kerja agar selalu mendukung program pemerintah, kami mengundang para instansi pemerintahan sekecamatan banyuates, Ormas, LSM dan Media Jurnalis untuk mempererat tali silaturahim dan juga meningkatan koordinasi, komunikasi serta sinergitas.

"Mari bersama-samaembuktikan bahwa semua sektor bisa kompak dalam membangun dan memajukan kecamatan Banyuates menuju Sampang Hebat Bermartabat. "Tuturnya
 "Setelah senam bersama di lanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis di Pendopo kecamatan yang dilakukan oleh Puskesmas Banyuates dan Puskesmas Bringkoneng. "pungkasnya.

dr.Endang Murdaningrum, Kepala Puskesmas Banyuates menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini Ingin menjalin dan meningkatkan jalinan silaturahmi dan koordinasi  dengan lintas sektor untuk kegiatan-kegiatan UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat) kedepannya. Puskesmas Ingin mengenalkan kepada masyarakat di lingkungan wilayah Kecamatan Banyuates bahwa kami tidak hanya melakukan pelayanan kesehatan di dalam gedung tapi juga di luar gedung, Salah satunya kegiatan posbindu PTM.() Mengenalkan tentang apa itu PTM (Penyakit Tidak Menular) dan apa saja yang termasuk.() Melakukan screning (deteksi dini) PTM seperti HT DM Hiperkoles dan sebagainya. () Melakukan deteksi dini faktor resiko PTM.

"Karena masih dalam musim hujan kita juga melakukan penyuluhan tentang Pencegahan Penyakit Demam Berdarah dgn 3M dan mengajak masyarakat untuk melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk). "Ujarnya.


Panjang lebar dr.Endang sapaan akrabnya, Kegiatan yang dilakukan mulai dari Senam bersama, Pengukuran Tekanan Darah, Timbang BB dan Pemeriksaan Gula Darah Kolestrol, ada 3 kegiatan yang tidak terlaksana dikarenakan keterbatasan waktu. Pesan kami untuk masyarakat, Ayo kendalikan PTM (Penyakit Tidak Menular) dengan hidup CERDIK (C = Cek kesehatan secara rutin, E =  Enyahkan asap rokok, R =R rajin aktivitas fisik; D : Diet sehat kalori seimbang; I = Istirahat yang cukup; K =  Kelola stres)."Pungkasnya.

(Naf/Ris)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »