BPS SAMPANG GELAR SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK DIDUGA DATA DISPENDUKCAPIL SAMPANG BELUM VALID

Gb. Suasanan sosialisasi sensus penduduk di Pendopo Banyuates


Sampang - BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sampang menggelar  sosialisasi sensus penduduk bertempat di Pendopo Kecamatan Banyuates yang dihadiri oleh Camat Banyuates Fajar Sidiq, SSTP, M.Si;  Kades dari 20 desa dan juga Kapolsek Banyuates, Danramil Banyuates serta perangkat desa se-Kecamatan Banyuates,  Kabupaten Sampang, Propinsi Jawa Timur. Tujuan diselengarakannya sensus penduduk adalah untuk mengetahui kebutuhan infrastruktur seperti jumlah fasilitas sekolah, jumlah fasilitas kesehatan dan antisipasi penggelembungan suara Pemilukada.

Senin(17/02/2020)

Menurut Nor Amin Setiawan Kasi Statistik Sosial saat diwawancarai awak media," Untuk sensus penduduk kami menggunakan metode baru yakni online dan wawancara, sedangkan yang online jangka waktu 15 Februari s/d 31 Maret 2020 jika ada masyarakat belum masuk didata Online maka petugas BPS akan mendatangi masyarakat satu persatu dengan wawancara pada  Juli 2020," kata Nor Amin.

Kegiatan pengumpulan data sensus penduduk tahun 2020 dilakukan dalam 3 tahapan: 1) dengan pengumpulan data sensus penduduk secara online (SP Online) pelaksanaannya 15 Februari – 31 Maret 2020; 2) Sensus penduduk dengan tehnik wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020;  3) untuk pencatatan sampel di bulan Juli 2021.

Sedangkan kami sudah komunikasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Sampang Pak Edy Subinto karena di pusat BPS bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil dengan menggunakan data administrasi kependudukan (Adminduk) sebagai data base, namun data base Dispendukcapil Kabupaten Sampang  sendiri belum valid karena masih ada penduduk sekitar 3% yang belum melakukan perekaman data, kata siapa valid,” ujar Nor Amin.
Maka dari itu kami bantu Disdukcapil biar tidak membingungkan pemerintah Kabupaten Sampang," Imbuh Nor Amin.

Kades Batioh Kecamatan Banyuates Suud Ali, SH sangat mengapresiasi kinerja BPS,"Kami sangat mengapresiasi kinerja BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sampang untuk Sensus penduduk ke bawah secara wawancara kami akan berdayakan teman-teman LSM dan Media yang ada di desa saya kan nanti ada honornya dari BPS agar data tepat sasaran dan tujuan kami adalah menepis isu yang beredar di masyarakat karena takutnya mereka berfikir setelah disensus ini dapat bantuan, ini yang rawan terhadap kades maka dari itu nanti kami percayakan kepada LSM dan Wartawan yang ada di desa saya sendiri," jelas Suud.

Dengan dilakukan sosialisasi sensus penduduk diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.
(Varies)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »