PUNGUTAN SD KERTAYASA 02 DIPERTANYAKAN.



Tegal - Dugaan pungutan liar ( pungli) di SD Kertayasa 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal patut dipertanyakan, dari hasil monitoring, investigasi, interview dan klarifikasi LSM BINA PELANGi beberapa waktu lalu.

Saat itu Tim Bina Pelangi ditemui oleh Kepsek SD Kertayasa 02 yang baru Sugiyanti,SPd didampingi Nurokhmah,SPd  di ruang kerjanya.
Kepsek SD Kertayasa 02 menjelaskan bahwa terhadap adanya pungutan-pungutan terhadap siswa yang bersangkutan tidak tahu menahu karena  baru menjabat beberapa bulan.

" Kami menjabat sebagai Kepsek di sini baru beberapa bulan jadi masalah adanya pungutun-pungutan tidak tahu, mungkin kebijakan Kepsek yang lama, yaitu  pak Budi" terang Sugiyanti.

Lebih jauh dikatakan bahwa terhadap adanya laporan orangtua murid yang merasa keberatan adanya punguta- pungutan nanti akan dikonfirmasikan pada pihak Komite Sekolah dan pihak yang terkait.

" Ya nanti kami akan klarifikasikan dengan pihak Komite Sekolah dan Kepsek yang lama. Apakah benar sudah melalui rapat komite atau belum" jelasnya.
Sementara itu Ketua LSM.Bina Pelangi, Ali Rosidin menyikapi terhadap adanya dugaan pungutan liar dirinya tidak main-main dan akan melaporkan pada Dinas Pendidikan.

" SD Kertayasa 02 jelas patut diduga melakukan praktek dugaan pungutan liar diantaranya pungutan terhadap siswa yang tidak.mengerjakan PR, siswa  yang terlambat masuk sekolah, pungutan terhadap siswa penerima KIP dan kami punya bukti-bukti pernyataan dari beberapa orangtua murid" terang Ali .

Lebih jauh dikatakan hingga berita ini diturunkan pihak Sekolah kurang kooperatif karena pihak Sekolah berjanji akan mempertemukan  pihak LSM Bina Pelangi dengan pihak Komite Sekolah dan pihak yang terkait dengan pungutan-pungutan terhadap siswa SD Kertayasa 02.

" Kami sudah melaporkan kasus ini pada pihak Koordinator wilayah Dinas Pendidikan dengan tembusan pada Bupati Tegal dan Tim Saber Pungli. Jadi jangan meremehkan kami " jelas Ali

Atas kejadian itu pada hari selasa (25/2)  pihak Kepala Sekolah SD Kertayasa 02 yang lama beserta Koordinator Dinas Pendidikan Kecamatan Kramat dan pihak LSM BINA PELANGI dipertemukan.

Pada kesempatan itu Kepala  SD Kertayasa,Budi Raharjo,SPd mengatakan bahwa pungutan-pungutan itu sudah melalui musyawarah antara orangtua murid dan komite sekolah.


" Kami sudah musyawarah dengan orangtua murid dan komite sekolah dan semua itu dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan sekolah yang lebih baik. Bukan bermaksud untuk memperkaya guru atau kepala sekolah" terang Budi.

(Ali)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »