SEKBER IPJT &HARI PERS NASIONAL

Moch.Safik ( Sekjen IPJT )



 Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari dan bertepatan dengan hari Ulang Tahun  PWI (Persatuan wartawan Indonesia ) berdasarkan Keputusan Presiden  No.5 tahun 1985 dimana isi dari Keputusan Presiden tersebut bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai Sejarah  Perjuangan Panjang dan Penting dalam melaksanakan Pembangunan sebagai Pengamalan Pancasila, yang pada akhirnya Dewan Pers kemudian menetapkan sebagai HARI PERS NASIONAL.

Disinilah tolok ukur  pelaksanaan kegiatan kegiatan dalam rangka memperingati hari Pers Nasinal. Reformasi bergulir dimana lahirlah Undang-Undang No,40 tahun 1999 Tentang Pers,yang mana munculah berbagai organisasi Kewartawanan, dan media-media baik cetak maupun online, karena mudahnya orang atau perseorangan dalam mendirikan Media.

Salah satu organisasi yang mewadahi para Wartawan yang bersifat Lokal yang berada di jawa Tengah adalah “SEKBER INSAN PERS JAWA TENGAH“ (SEKBER IPJT). Sejarah terbentuknya Sekretariat Insan Pers Jawa Tengah adalah berangkat dari satu persepsi dan keresahan yang sama antara pemerhati media, pelaku media serta wartawan khususnya di Jawa Tengah ini. Kami pun menyadari bahwa organisasi apapun dan dari media apapun suka atau tidak suka kita adalah bagian dari sebuah sistem yang diatur dalam Undang – Undang No.40 tahun 1999 tentang Pers.

Dalam kerangka memperkuat pondasi serta bangunan organisasi khususnya Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah, supaya menjadi Organisasi Kewartawanan yang kredibel dan akuntabl, kami terus melakukan pembenahn dan penataan baik dibidang sumber daya manusia maupun perangkat lain yang menopang terselenggaranya organ – organ dalm berorganisasi berjalan base on the track.

SEKRETARIAT BERSAMA INSAN PERS JAWA TENGAH ( SEKBER IPJT) juga organisasi yang memiliki militansi yang tinggi, dalam hal soliditas dan solidaritasnya, betapa tidak dengan berdirinya Sekretariat Insan Pers Jawa Tengah telah bergabung beberapa media baik cetak maupun on line dan selama ini kami telah memberikan kontribusi dan sumbangsih kepada masyarakat bangsa dan negara kita tercinta ini dengan pemberitaan yang kredibel dan memang kami akui masih banyaknya kekurangan disana sini dan itu semua perlu kita lakukan perbaikana dan pembenahan yang terstruktur.

Dalam memperingati HARI PERS NASIONAL tahun 2020 ini, sesuai dengan dengan semboyan “ IPJT JAYA ..IPJT JAYA..IPJT JAYA, maka kami melakukan pembenahan dan meperkuat gerak dan langkah menuju organisas yang terpercaya dengan mengadakan kegiatan KONSOLIDASI DAN KOORDIANSI di semua kepengurusan dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan edukasi dan pengetahuan bagi para anggota, khususnya Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah ini.
Adapun yang menjadi inti pokok kegiatan dalam program jangka pendek,yang kitab fokuskan di Provinsi Jawa Tengah:

1.     Mempersiapkan pelantikan dan deklarasi pengurus Sekber Insan Pers Jawa Tengah di  tingkat provinsi
2.     Melakukan audiensi maupun kunjungan ke semua FORKOMPINDA di seluruh Jawa Tengah.
3.     Mempersiapkan pelatihan-pelatihan jurnalistik yang akan diselenggarakan di masing – masing kabupaten /kota di seluruh Jawa Tengah yang akan melibatkan seluruh kompenan wartwan yang tergabung di Sekber Insan Pers jawa Tengah.
4.     Menyelenggarakan seminar dan sosialisai kepada para anggota terkait peran serta Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah di PEMILUKADA serentak tahun 2020
5.     Sekber Insan Pers Jawa Tengah mempersiapkan konsep bagaimana meng-edukasi para pengusaha, khususnya jasa konstruksi untuk bersama sama melakukan  BIMBINGAN TEHNIS ( BIMTEK ) terkait masalah K3
6.     Mempersiapkan legal standing bahwa Sekber Insan Pers Jawa Tengah yang bersifat lokal ( khususnya di Jawa Tengah) menjadi Nasional dengan harapan dan tujuan supaya mampu berkiprah lebih luas.

Semoga di HARI PERS NASIONAL TAHUN 2020 ini, PERS  akan lebih banyak mewarnai dalam kontribusinya terhadap pembangunan Bangsa dan Negara tercinta ini. Dan Kami Sekber Insan Pers jawa Tengah berharap supaya persoalan – persoalan yang menyangkut kekerasan terhadap rekan-rekan wartawan di Jawa Tengah Khususnya  dan di seluruh Indonesia pada Umumnya sudah tidak ada lagi. SEMOGA !!

SEKBER IPJT JAYA .. IPJT JAYA...IPJT JATA ..MERDEKA

Moch.Safik ( Sekjen IPJT )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »