HUJAN DERAS RUNTUHKAN JEMBATAN PENGHUBUNG DUSUN BANTARSARI-TLAGASANA WAUTUKUMPUL


Pemalang – Banjir besar terjadi disungai Polaga akibat curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi pada pada hari Minggu (15/03/2020). Derasnya arus sungai yang besar meyebabkan runtuhnya jembatan penghubung Desa Bongas menuju Desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang putus.

Menurut saksi warga setempat Anto dan Nuhri bahwa runtuhnya jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dikarenakan hujan yang sangat lebat dan kondisi tanah labil. Jembatan yang berlokasi di wilayah Rt 006 Rw 004 merupakan Jalan alternatif dari Desa Bongas menuju Kadusan Megalamat atau Desa Tlagasana" ungkapnya

Runtuhnya jembatan tersebut mengakibatkan akses jalan menuju Kadusan Megalamat atau Desa Tlagasana terputus. Kerugian ditaksir sekitar 250 juta rupiah.

Kronologis Kejadian :
Pada hari minggu tanggal 15 Maret 2020 pukul 14.00 WIB di Desa Bongas terjadi hujan dengan intensitas tinggi sampai dengan pukul 18.00 WIB hujan tidak berhenti. Hal tersebut menyebabkan terjadinya banjir besar di Sungai Polaga dan meruntuhkan jembatan yang ada di sungai tersebut.

Berdasarkan Peta Bencana BPBD Kabupaten Pemalang, Desa Bongas termasuk salah satu wilayah rawan bencana tanah longsor di Kecamatan Watukumpul karena kondisi tanah yang terjal dan labil.

(Ojin)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »