Penulis Ungkapkan Inspirasi dibalik Pembuatan Kingdom Drama Korea

Drama Korea Kingdom
Serial Drama Korea Kingdom S2-netflix/trinew-s

Magelang, Trinew-s - Sejak rilis Januari 2019, serial Kingdom yang diproduksi layanan streaming Netflix menarik perhatian lebih banyak penonton terhadap drama Korea Selatan, terutama di luar genre komedi-romantis.

Secara garis besar Kingdom bercerita tentang perebutan kekuasaan kerajaan di Korea Selatan. Berbagai macam cara dihalalkan dan berbagai strategi politik dilakukan untuk berkuasa.

Eun-hee menjelaskan inspirasi membuat cerita Kingdom tidak datang dari suatu hal yang spesial, melainkan dari akumulasi pengalaman hidup yang ia alami.

Penulis drama korea kingdom korea selatan
Eun-Hee penulis serial kingdom drama korea bynetflix/trinew-s
"Khususnya dari buku-buku kemanusiaan, novel, drama dan film yang saya tonton kisah itu muncul. Jujur, saya mendapat sebagian besar inspirasi ketika bertemu banyak orang," kata Eun-hee, dalam wawancara terbatas melalui video telepon kepada sejumlah awak media di Indonesia baru-baru ini.

Musim pertama Kingdom mengisahkan kerajaan Korea Selatan (Joseon) beberapa tahun setelah invasi Jepang pada 1592-1598. Permasalahan dimulai ketika Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji-hoon) terlibat konspirasi politik.

Hal itu membuat Putra Mahkota Lee Chang mendapat misi menyelidiki penyebaran wabah misterius di masyarakat. Wabah itu membuat pengidap berubah menjadi mayat hidup yang lapar akan daging segar sehingga menyerang manusia lain.

Putra Mahkota Lee Chang tak mengetahui bahwa wabah itu merupakan hasil dari ketamakan orang-orang dalam istana yang ingin mengambil alih kekuasaan raja. Diam-diam, mereka juga menyembunyikan hal mengerikan dari Putra Mahkota.

Putra Mahkota Lee Chang pergi ke desa-desa bersama pengawal pribadinya, Moo-young (Kim Sang-ho). Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan dokter Seo-bi (Bae Doo-na) serta Yeong-shin yang misterius dan telah lebih dulu bertarung melawan zombi.

Hingga pada suatu hari, Lee Chang mendapat kabar bahwa Raja yang merupakan ayahnya, meninggal dunia. Ia tak mengetahui bahwa sang ayah sesungguhnya masih hidup dan disekap oleh orang-orang jahat di istana.

Cerita Kingdom Season 1 lebih fokus pada pertumbuhan zombi yang semakin hari semakin banyak. Diperlihatkan pula apa saja yang bisa membuat zombi benar-benar mati.


Eun-hee dan sutradara Kim Seong-hun layak mendapat apresiasi. Mereka berdua berhasil membuat cerita baik dengan eksekusi yang baik pula. Hal ini membuat musim pertama Kingdom sukses.

Lebih lanjut, Eun-hee menjelaskan bahwa ia menulis Kingdom musim per musim. Ia mengingat, di tengah-tengah syuting musim pertama, dirinya menyempatkan diri untuk menulis naskah musim kedua.

Drama korea kingdom
Kingdom Season 1 mengisahkan kerajaan korea selatan (joseon)
beberapa tahun setelah invasi jepang pada tahun 1592-1598 bynetflix/trinew-s
"Cerita dipastikan akan berlanjut ke musim kedua. Saya harus menyelesaikan naskah sebelum musim pertama rilis," kata Eun-hee.

Alur dan pola cerita musim kedua jauh berbeda dengan musim pertama. Cerita pada Kingdom Season 2 lebih rumit karena ada adegan yang memperlihatkan masa lalu dan lebih fokus pada aspek politik.

Namun Eun-hee membantah bahwa musim kedua lebih fokus pada aspek politik. Sebagai penulis naskah musim pertama dan kedua, ia mengaku tidak pernah membeda-bedakan aspek dalam cerita Kingdom.

"Sebenarnya, untuk musim kedua saya lebih fokus pada alur cerita, perkembangan karakter dan membuat cerita lebih menghibur," kata Eun-hee.

Kingdom Season 2 akan rilis pada 13 Maret mendatang di Netflix. Sama seperti musim sebelumnya, serial ini berisikan enam episode dengan durasi per episode sekitar 50 menit.

Belum diketahui secara pasti kelanjutan Kingdom ke musim ketiga. Namun Eun-hee menyatakan bersedia menulis naskah kelanjutan serial tersebut.

"Belum ada yang diputuskan. Tapi bila kalian bertanya apa yang ada di pikiran saya secara pribadi. Maka akan karakter yang mengambil peran lebih besar adalah Seo-bi," kata Eun-hee.

trinew-s
sumberby:cnnindonesia.com
lpktrankonmasi.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »