BANYUATES :MUDIK KE KAMPUNG, PULUHAN SANTRI SIDOGIRI DI CEK KESEHATANNYA DI POSKO TERPADU COVID-19


Sampang – 104 Santri Sidogiri yang mudik ke kampung halaman tercinta wilayah Kecamatan Banyuates,Kabupaten Sampang.Bus yang membawa mereka diberhentikan di Posko Pemantauan Covid-19 Kecamatan Banyuates untuk dilakukan pemeriksaan dan penyemprotan disenfektan oleh petugas medis.

Kamis, (02/04/2020).


Sebelumnya Satgas Covid-19 Kecamatan Banyuates mendapatkan surat pemberitahuan dari Pengurus Komisariat Banyuates Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) tentang pemulangan santri dari Ponpes Sidogiri ke wilayah Kecamatan Banyuates. Dengan sigap pihak Forkopimcam Banyuates memfasilitasi pemeriksaan para santri untuk mencegah virus corona alias covid-19.


"Sebelumnya kami mendapatkan surat pemberitahuan kepulangan santri tersebut, makanya kami disini melakukan cek kesehatan sebelum nyampek kerumahnya, sehingga wali santri tidak lagi hawatir tentang penyebaran virus corona." Ungkap Roni Salaki, selaku Tim Satgas Covid-19 Banyuates kepada awak media saat diwawancarai.

"Untuk itu kami harap kepada wali santri untuk mengikuti himbaun pemerintah dan mengesolasi anaknya secara mandiri yang baru pulang dari pondok pesantren selama 14 hari," paparnya.

Kepala Puskesmas Banyuates, Dr.Endang mengatakan, Hasil pemeriksaan kesehatan santri yang datang pada hari ini suhu badannya semua normal. Namun kami tetap menghimbau untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari kedepan, jika ada gejala panas segera koordinasi dengan tim kami yang berada di desanya masing-masing.

Camat Banyuates, Fajar Sidiq, SSTP.M.Si menyampaikan, Disini kami melakukan pendataan secara langsung dan mensetrelisasikan sebelum pulang ke desanya masing-masing, tujuan agar kami bisa melakukan pemantuan langsung persebarannya nanti kedesa-desa.

"Kami wajibkan dan intruksikan kepada kepala desa untuk mendirikan posko peduli covid-19, karena ujung tombak semua informasi dan pengawasan dikecamatan adalah di desa. Makanya sinergitas antara pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan semua elemen masyarakat tetap kami butuhkan." Tegasnya.

“Sebelum dipulangkan ke desanya masing-masing, kami sebagai tim satgas kecamatan bekerja sama dengan puskesmas melakukan SOP mulai dari pendataan, pengecekan kesehatan, penyemprotan disinfektan sampai pemeriksaan kesehatan secara detail, paling tidak kita punya data awal. Setelah itu kami pasrahkan ke tim satgas desanya masing-masing untuk memantau perkembangannya selama 14 hari kedepan,” lanjut Fajar,

Sedangkan Kapolsek Banyuates, Iptu sukadi Menghimbau kepada seluruh masyarakat Banyuates khususnya kepada santri dan wali santri untuk tetap mematuhi himbaun pemerintah. Kami dari tim keamanan tetap mendukung dan memfasilitasi untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

“Dengan kedatangan santri dari luar wilayah Madura tadi pihak kesehatan bekerjasama dengan TNI-Polri melakukan SOP sebelum diserahkan kepihak keluarganya," paparnya.

“Kami mewakili Ikatan Alumni Santri Sidogiri mengucapkan terimakasih kepada Forkopimcam yang sudah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan kepada adik-adik yang baru pulang dari pondok pesantren untuk mencegah penyebaran virus corona," kata Ketua Ikatan Alumni Sidogiri Kecamatan Banyuates H.Saiful Islam kepada awak media di lokasi pemeriksaan.


 (Naf/Lex).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »