4 PRAJURIT GUGUR, 5 LUKA LUKA DALAM TRAGEDI JATUH DAN TERBAKAR HELIKOPTER MI-17 TNI-AD




Kendal,Trankonmasi.com

Helikopter MI -17milik TNI-AD dengan nomor registrasi  HA 5141 mengalami kecelakaan di area Kawasan Industri Kendal (KIK) Dusun Wonorejo, Kec. Kaliwungu,Kabupaten Kendal Jawa Tengah, sekitar pukul 13.40 WIB, Sabtu(6/6/2020) .


Sebelum terjadinya kecelakaan helikopter  tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di pusat Pendidikan Penerbang AD Semarang sebagai bagian dari program pendidikan calon perwira penerbang 1.
Sebelum terbang helikopter di nyatakan dalam kondisi baik, karena saat dilaksanakan pre- flight check tidak ditemukan hal-hal menonjol, selain itu misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke2) juga berjalan dengan aman.

Sekitar pukul 12.35 WIB helikopter melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi tactical manuver. Dan sekitar pukul 13.40 Helikopter MI 17 jatuh dan terbakar di area Kawasan Induatri Kendal  (KIK) Dusun Wonorejo, Kec. Kaliwungu Kabupaten Kendal dan menyebabkan 4 crew Tewas serta 5 crew lainnya mengalami luka-luka.

Menurut salah satu saksi mata Johana Satya Putra (31) warga setempat yang bekerja sebagai supplier tanah timbunan saat berada di lokasi kejadian mengungkapkan saat melihat helikopter tersebut dari arah timur menuju barat, helly sudah dalam keadaan oleng dan keluar asap. Sebelum helly jatuh ada orang melompat keluar ke tambak dan sesaat kemudian helly jatuh keluar asap sempat keluar tiga orang menyelamatkan diri setelah itu helly kemudian meledak," ungkapnya.


Dalam kecelakaan helikopter MI 17 menewaskan empat crew , sementara lima crew mengalami luka luka.

Empat jenazah korban peristiwa helikopter jatuh dan terbakar diangkut dengan 4 mobil ambulance diantaranya 3 ambulance dari Polres Kendal dan 1 ambulance dari RSUD dr. Soewondo Kendal dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Semarang sedang 5 korban lainnya mendapatkan perawatan dirumah sakit terdekat.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana mengatakan bahwa jajarannya akan membantu mengamankan korban maupun Tempat Kejadian Perkara (TKP) sampai pelaksanaan evakuasi selesai.

Tim pemadam kebakaran dari Pemkab Kendal turut bekerja keras memadamkan api yang berkobar pada helikopter tersebut hingga benar - benar padam.

Adapun korban kecelakaan helikopter MI 17 milik TNI-AD diantaranya :
 1. Kapten.Cpn Kadek (MD)
 2. Kapten Cpn Fredi (MD)
 3. Kapten Cpn. Y.Hendro(MD)
 4.Lettu Cpn. Wisnu (MD)
 5. Lettu Con.Vira Yudha
 6. Praka Nanang
 7.Praka Rofiq
 8.Praka Supriyanto
 9.Praka Andi.

    # Taufiq W.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »