BATTRA SUPRANATURAL NUSANTARA SEMARANG WADAH TERAPIS TRADISIONAL BERBASIS SUPRANATURAL





Semarang,Trankonmasi.com

Dalam dunia pengobatan dikenal dua jenis pengobatan yaitu pengobatan medis dan pengobatan non medis, dalam hal ini pengobatan tradisional atau yang lebih dikenal dengan sebutan pengobatan alternatif. Di era globalisasi serta teknologi yang semakin berkembang yang kita rasakan saat ini, kita tidak bisa menghindar dari penyakit yang semakin beragam jenisnya serta tingkat bahayanya yang menyerang pada tubuh seseorang baik anak-anak, remaja maupun orang tua.

Battra (Pengobatan Tradisional) Supranatural Nusantara hadir ditengah-tengah masyarat yang sedang dirundung kecemasan pada kesehatan tubuhnya serta khawatir akan penyakit yang dideritanya. Sebagai salah satu organisasi pengobat yang sekaligus sebagai wadah para ahli terapis pengobatan tradisional, mereka menolak disebut sebagai pengobat asal asalan. Seperti dokter yang memiliki standar baku, merekapun juga memilikinya bahkan para terapis yang tergabung dalam lembaga/organisasi Battra Supranatural Nasional memiliki sertifikasi layak praktek sesuai dengan rekam medis pengobatan tradisional dalam pelayanannya pada masyarakat, seperti Surat Terdaftar Pengobat Tradisional  (STPT), Ijin Dinkes serta ijin Kejaksaan Negeripun mereka miliki.



Tingginya minat masyarakat pada pengobatan tradisional/alternative berdampak pada menjamurnya praktek tersebut, tidak salah hal itu terjadi mengingat besarnya biaya pengobatan medis khususnya bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah, apalagi pengobatan tradisional ini juga mendapat rekomendasi  Badan Kesehatan Dunia (WHO). Namun para terapis dalam prakteknya tidak dibarengi aturan yang berlaku sehingga menyebabkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasiennya diragukan.

Menurut Ketua umum Battra Supranatural Nusantara Agus Surawan," Masih banyak para terapis tidak mengantongi ijin praktek sehingga dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan pasien maka dari itu perlu adanya pengaturan, pengawasan dan pembinaan. dalam hal ini bukan hanya dokter maupun profesi lain yang memiliki standar kompetensi, seorang terapispun juga memiliki sertifikat yang dia dapat setelah mengikuti pendidikan singkat, berjenjang serta berkesinambungan."


Agus Surawan yang akrab dipanggil dengan sebutan Mbah Suro mengatakan bahwa prosedur ini dilakukan karena pelayanan pengobatan tradisional juga menjadi bagian dalam pelayanan masyarakat diluar ilmu kedokteran dan ilmu keperawatan.

"Kami mempunyai program yang berjenjang serta berkesinambungan untuk membekali para terapis yang tergabung dalam Battra Supranatural Nusantara ini, berupa ilmu pengetahuan medis, ketrampilan, ramuan, supranatural serta kode etiknya sesuai dengan AD/ART Battra Supranatural Nusantara. Seorang terapis juga harus menjalankan standar prosedur yang sudah ditetapkan," Kata Agus Surawan.

Pendidikan dan pelatihan yang terprogram dan berjenjang serta terstruktur itu dimaksudkan agar pengobatan tradisional tidak dianggap klenik atau menyimpang yang tidak bisa diterima secara nalar /ilmiah mengingat cara pengobatannya lebih mengacu pada pengalaman dan ketrampilan secara turun temurun dan bukan berdasarkan riset medis yang modern.

Terapis juga memiliki beragam jenis keahlian karena mereka memang belajar dan memperdalam ketrampilan, herbal, ramuan serta supranatural salah satunya hypnoterapi," ujar Agus.

Lembaga/organisasi ini pada awal mulanya memakai nama Battra Supranatural yang dibentuk pada tahun 2004,kemudian dikembangkan dengan perubahan nama menjadi Battra Supranatural Nusantara 17 september 2017 agar lebih luas jangkauannya dalam melebarkan sayapnya didunia pengobatan tradisional. Dalam dunia pengobatan tradisional yang berbasis supranatural dalam pemberian rekomendasi anggotanya agar para anggota bisa tersebar ke seluruh pelosok tanah air, sesuai kabupaten/kota, provinsi dimana anggotanya berdomisili.

Lembaga atau organisasi pengobat tradisional supranatural nusantara ini adalah sebagai sarana atau wadah pengawasan, pembinaan, pengayom, dalam perlindungan hokum agar diakui pemerintah sebagai terapis resmi bersertifikasi yang berstandar baku, punya legalitas formal serta berpayung hukum dengan keputusan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomer AHU. 001359. A.H.01.07 tahun 2017.


Wadah para terapis ini mempunyai tujuan menyatukan para terapis tradisional yang tergabung dalam Battra Supranatural Nusantara sesuai dengan disiplin keilmuannya masing masing dalam memberikan layananya terhadap pasien.

" Pengobatan Tradisional Berbasis Supranatural "

Sekretaris Battra Supranatural Nusantara Kota Semarang  Muhammad  Taufiq. S.Pd menjelaskan bahwa, Terapi lewat dzikir atau doa, tenaga dalam, prana, reiki, chi kung, transfer energi dan pengobatan serupa dengan metode seperti ini termasuk dalam kategori Battra Supranatural Nusantara. Secara empiris dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita si pasien.

“Terapis/ pengobat tradisional dengan menggunkan ramuan herbal serta dikolaborasi dengan metode kekuatan supranatural. memang sulit dibuktikan semacam transfer energi ke tubuh pasien yang sakit, pemindahan penyakit ke telur atau ketubuh hewan," ujar Taufiq yang juga seorang terapis.

Ramuan rempah-rempah yang membaluri badan Pak Bambang (59) semakin lama semakin membuat pria tersebut terlihat tertidur dengan rileksnya, seakan merasakan apa yang dirasakan pada badannya, sudah hampir 20 menit pria itu tertidur nyaman dengan relaksnya karena baluran ramuan rempah yang dibalurkan ke punggung dan sekitar badannya.

" Ramuan bobok rempahlah yang bikin terasa hangat ,nyaman,relaks.lama terapi bisa 25 sampai 50 menit," papar jhon genthong,pria yang memiliki nama asli Pujo Jatmiko,S.Pd. Ch.Cht (41) Terapis Battra SN juga sekaligus sebagai Ketua Harian Battra Supranatural Nusantara Kota Semarang.

Pria berbadan gempal yang akrab disapa Jhon Genthong ini sudah menggeluti terapi bobok rempah sejak tahun 2011 kebanyakan pasiennya kaum hawa, namun pasien priapun tak kalah banyaknya.
“Proses pengobatan dengan terapi bobok rempah cukup ekonomis dan efisien serta sederhana," ucap jhon yang juga ahli dalam hynotherapy.

" Ternyata pengobatan tradisional yang satu ini sampai sekarang masih tetap digemari oleh masyarakat disamping secara financial relatif terjangkau serta tidak ada efek samping dalam membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit," pungkasnya.

 Pengobatan tradisional terdiri atas :
1.Pengobatan tradisional berdasarkan ketrampilan seperti: pijat urut, pijat kesleo  refleksi, acupreasure, bekam/ hijamah, Bio Elektrik (BE), totok punggung, fashdu, Matastuba, Petebe, Resista (Reposisi Tulang Belakang), terapi mata,pijat syaraf,pijat bayi.
2.Pengibatan tradisional berdasarkan ramuan seperti : jamu jamuan,gurah,tabib,sinshe.
3.Pengobatan tradisional berdasarkan supranatural,dengan metode: tenaga prana, transfer energi, reiki, chi kung, kebatinan
4.Pengobatan tradisional berdasarkan agama dengan metode doa serta dzikir.

Pengobatan Tradisional Supranatural Nusantara merupakan pengobatan yang multi komplementer karena metodenya gabungan berdasarkan ketrampilan,ramuan serta berdasarkan supranatural.

Untuk itu melalui SK. Kemenkes berdasarkan ketrampilan, ramuan, agama dan supranatural sehingga diharapkan para pengobat/terapis ini dalam membuka prakteknya harus melalui tahapan-tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Klinik praktek, Pelatihan dan konsultasi Battra Supranatural Nusantara, berada di jalan Mulawarman V/10, Kel. Kramas, Kec. Tembalang Kota Semarang, Telp. Hp. 081225088855 dan 087879673649.

 # Taufiq W

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »