CICUT SUTIARSO : CANANGKAN PROGRAM “SIDANG PENGADILAN DAPAT DIAKSES KE SELURUH DESA DI JATENG”




Semarang,Trankonmasi.com

Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Jawa Tengah DR. H. Cicut Sutiarso, SH, MHum, merencanakan dan memprogramkan pada masa yang akan datang sidang di Pengadilan dan informasi lainnya tentang Pengadilan bisa di akses oleh seluruh masyarakat sampai ke desa - desa terpencil di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh DR. Cicut Sutiarso didampingi Sekretaris PT Sardiono SE MPd dan Bagian Humas Pengadilan Tinggi Jateng Edy Rusdianto, SH, MH, kepada Ketua Umum Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah (Sekber IPJT) Endar Susilo bersama Sekretaris IPJT Muhammad Safik di ruang kerja KPT Jateng, Jumat (12/6/2020).

Ditemui usai melantik dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Magelang, dan KPN Slawi dari pejabat lama ke pejabat yang baru.
DR. Cicut Sutiarso menyampaikan bahwa kami akan segera melakukan koordinasi dengan Gubernur Jateng.

“Segera mungkin masyarakat baik di kota maupun di desa bisa mengakses persidangan dan informasi tentang Pengadilan yang bisa diperlihatkan melalui stasiun televisi yang terpasang di balai desa masing - masing,  sehingga masyarakat bisa tahu persis jalannya persidangan yang berhubungan dengan perkara terkait yang sedang dilakukan proses Pengadilan,"jelasnya saat menyampaikan salah satu program kedepan selain beberapa program lainnya.

Lebih lanjut Cicut  menginginkan peradilan yang bersih, berwibawa, cepat dan memenuhi unsur keadilan serta keterbukaan.
"Tugas dan fungsi Pengadilan Negeri seperti Mahkamah Agung di daerah sehingga semaksimal mungkin diupayakan agar setiap perkara sudah memenuhi ungsur keadilan pada tingkat PN dan kalau bisa diupayakan tidak perlu lagi ada Banding dan upaya hukum lainnya," jelas bapak 3 putra tersebut.

Sosok Dr.Cicut Sutiarso merupakan pribadi yang ramah dan jujur, terlahir dari Kota Wonogiri, 22 Juli 1955  yang telah banyak pengalaman. Meniti karir menjadi seorang hakim berpindah-pindah sesuai dengan tugas negara yang diembannya dimulai pada tahun 1983, bertugas di PN Sangit, PN Gorontalo (1987 - 1992) PN Kerawang (1992 -1997), kemudian pada bulan Januari - Maret tahun 1994, beliau menjadi duta Indonesia mengikuti pendidikan hukum di negara Jepang, Wakil KPN Indramayu (1996)  KPN Indramayu (1997 - 1999), KPN Batam (1999 - 2001), Wakil KPN Sidoarjo (2001), KPN Sleman (2002), Wakil KPN Jakarta pusat (2002 -2006), KPN Jakarta Pusat (2006 ), KPT Denpasar (2007),  menjabat Dirjen (2008 - 2013), serta mengikuti  Lemhanas,  KPT Jateng (2013), mengikuti pendidikan di Australi (2013 - 2015) KPT Medan (2016 - 2019), KPT Pekan Baru (2019 /bulan) dan Kembali menjadi KPT Jateng.

Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jateng, Cicut berkomitmen untuk bisa menjadi contoh dan suri tauladan pada jajarannya dan sebagai kepanjangan tangan dari Mahkamah Agung, PT Jateng juga berkomitmen membantu pemerintah dibidang hukum dan keadilan untuk membangun pengadilan modern, dengan membatasi pertemuan, zona integritas, dengan akreditasi, membangun reformasi birokrasi dengan titik poinnya adalah menciptakan aparat yang bersih dan anti KKN, serta meningkatkan kualitas pelayanan Publik.


Sementara itu Endar Susilo selaku Ketua IPJT Jateng akan mengajak anggotanya untuk membantu mensosialisasikan melalui media.    
"Kami akan mengajak rekan - rekan wartawan untuk mendukung, memberitakan dan menyampaikan kepada masyarakat inovasi dalam Penegakan hukum dan keadilan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Jateng beserta jajarannya" ucap Endar.

Acara silaturahmi Ketum IPJT dan Sekertaris IPJT ke Pengadilan Tinggi Jateng tersebut berlangsung penuh keakraban.

  # Taufiq W

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »