DITUDING TIDAK TRANSPARAN DATA BLT DD, PERANGKAT DESA DAN KETUA BPD LARLAR ANGKAT BICARA

Ketua BPD dan Perangkat Desa saat di depan Balai Desa Lar Lar saat menunjuk papan transparasi BLT Dana Desa


Sampang, lpktrankonmas.com
Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), bagi masyarakat terkena dampak Covid-19 di Desa Larlar, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang mendadak jadi perbincangan setelah dituding data BLT DD kurang transparan.

Dari data yang dihimpun lpktrankonmasi.com, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD di desa larlar ada sebanyak 291 KPM yang meliputi 7 dusun. Per KPM mendapat jatah Rp 600.000.

BACA JUGA : PEMDES LARLAR BAGIKAN BLT DD TAHAP I LANGSUNG KE RUMAH PENERIMA
https://www.lpktrankonmasi.com/2020/05/pemdes-larlar-bagikan-blt-dd-tahap-i.html

Jika dikalikan, total alokasi anggaran untuk BLT DD Tahap I di Desa Larlar sebesar Rp 174.600.000. BLT DD dibagikan selama dua hari, pada Kamis (21/5/2020) sampai Jum'at (22/5/2020) lalu ke masing-masing rumah KPM.

Menurut keterangan salah satu Kepala Dusun setempat bahwa pencairan BLT DD di desa Larlar sudah sesuai dengan prosedur dan sangat transparan. "Kalau ada yang mengatakan tidak transparan itu tidak benar mas, karena waktu validasi penetapan data KPM itu saya bersama kepala dusun yang lain ada, bahkan kami (kepala dusun) ikut serta mendata ke masyarakat di setiap masing-masing dusun, "Tutur Kepala Dusun Longsor, Matderus kepada lpktrankonmasi.com Selasa (09/6/2020).

"Saat mendata kami sudah memilih orang yang benar-benar layak mendapatkan BLT DD sesuai juknis. Jelang tahap I dicairkan, data penerima BLT DD sudah di pajang di papan informasi di kantor balai desa sampai sekarang masih ada. "Jelasnya.

Sedangkan menurut ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Larlar, Hafid menyampaikan bahwa tudingan data BLT DD yang kurang transparan itu sangat tidak benar, karena kenyataannya data BLT DD itu di tempel di papan informasi, "tuturnya.

"Mulai dari awal kami (BPD) juga dilibatkan dalam semua kegiatan BLT DD, seperti Validasi dan musrenbangdes khusus. Bahkan saya selaku ketua BPD desa Larlar memerintahkan kepada semua anggota untuk ikut serta saat pendataan di setiap dusun agar BLT DD tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih dengan bantuan sosial (Bansos) lainnya. "jelasnya.

Lanjut Hafid, Intinya pihak pemerintah Desa (Pemdes) Larlar melibatkan kami selaku Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jadi tidak benar jika ada yang mengatakan BPD tidak dilibatkan, kalau dari salah satu pengurus atau anggota BPD ada yang tidak hadir itu benar, mungkin ketidak hadirannya ada keperluan yang sangat mendesak.

"Saya berharap kedepan semua pengurus dan anggota BPD desa Larlar ini harus lebih semangat bekerja sesuai mekanismenya. Selaku penyambung lidah masyarakat, mari kita sampaikan aspirasi rakyat langsung kepada bapak kepala desa dengan mengedepankan etika. "pungkasnya.

Dengan ditempelkan di papan pengumuman by name bt address penerima BLT DD di desa Larlar menunjukkan bahwa pemerintah desa Larlar telah menjalankan tata pemerintahan dengan baik, jujur, akuntabel, bersih, transparan, efektif dan efisien dengan tetap memegang prinsip value of money.

(Naf)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »