POLTEKKES KEMENKES SEMARANG SERAHKAN BANTUAN 28 UNIT ALAT CUCI TANGAN PADA RW 01 SRONDOL WETAN




Semarang -  Trankonmasi.com
  
Jajaran Poltekkes Kemenkes Semarang yang beralamat di jalan Tirto Agung, Pedalangan,Kec. Banyumanik Semarang menyerahkan bantuan sejumlah 28 unit alat cuci tangan, sabun cuci serta hand sanitizer kepada  warga RW 01 Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik KotaSemarang.
Penyerahan bantuan tersebut bertempat di rumah Ketua RW 01 Sudarmomo,S.P jalan Durian Raya No 33 Srondol Wetan, Banyumanik Semarang, Senin (8/6/2020) yang dihadiri oleh Kepala Kelurahan Srondol Wetan, Ali Akbar Masdiq.

Penyerahan alat cuci tangan yang ditujukan pada RW 01 yang nantinya dibagikan sejumlah 13 RT serta kantor kelurahan dimana masing-masing mendapatkan bagian 2 unit yang setiap unitnya berisi 1 alat cuci tangan,1 botol sabun cair serta hand sanitizer.
Sementara itu Ketua Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes,Tri Wiyatini menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat,merupakan kewajiban bagi kami selaku pengajar dari Poltekkes yangnmana salah satu tugas kami selain mengajar juga pengabdian seyogyanya pengabdian kami diharapkan linier dengan kesehatan gigi namun karena di masa pandemi ini mengharuskan yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan untuk mengabdikan yang di alokasikan pada pencegahan Covid-19,” ucap Tri.



"Oleh karena itu Tri Wiyatini menyambut baik atas ijin dan supportnya Pak Ali Akbar selaku Kepala Kelurahan Srondol Wetan Semarang serta ibu- ibu PKK RT dan RW kami berharap nantinya kerjasama ini tidak hanya kali ini saja mudah- mudahan bisa berlanjut entah nanti bentuknya berbeda untuk bidang bidang yang lain," ucapnya.

" Untuk pencegahan Covid -19 ini kami sangat berharap apa yang bisa diberikan ini merupakan stimulus untuk masyarakat RW 01 Srondol Wetan supaya bisa digunakan dan menjadi bentuk aplikasi bahwa dasar dari penularan Covid-19 adalah kebersihan kata kuncinya bagaimana masyarakat kita membiasakan hidup sehat, bersih yang menjadikan kebijakan pemerintah. Mudah -mudahan apa yang kami sumbangsihkan kepada warga RW 01 Srondol Wetan Banyumanik Semarang ini bisa digunakan dan sangat bermanfaat," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kelurahan Srondol Wetan, Ali Akbar Masdiq mengucapkan terima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Semarang yang ikut peduli di masa pandemi ini.

“Kami RW 01 menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada Poltekkes Kemenkes Semarang semoga nantinya bermanfaat bagi warga kami. Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih.,”ucapnya.
Pada kesempatan tersebut Ali selaku Ketua RW 01 menjelaskan tentang artui pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protocol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,

“Mengapa kita selalu menjaga kesehatan? hal ini karena tugas kita bersama-sama untuk memutus mata rantai serta mengatasi persoalan Covid-19 yang ada di lingkungan kita, semoga warga kita selalu sehat senantiasa semangat dan dijauhkan dari pandemi Covid-19," jelasnya.



Untuk mengantisipasi dan percepatan penanganan  Covid – 19 Walikota Semarang sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Semarang, memberikan kesempatan warga kota Semarang untuk bergerak tapi dibatasi. Kalau kita bicara new normal seluruh organ yang ada di kelurahan semua unsur mengawasi kegiatan ini karena kelenturan waktu hingga di tambah sampai dengan 24 Juni. 

“Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang paling  susah terhadap anak muda karena banyak cafe. oleh karena itu kita fokuskan pada cluster lain yaitu di pasar-pasar sesuai dengan jadwal. kersama sama yang dibangun oleh Poltekkes Semarang kami siap bekerja sama," ucap Ali Akbar.

“Harapan kami untuk membangun budaya bersih sehat mohon bantuan nya juga dari pihak Politekkes agar hubungan dengan warga kami saling sinergi dalam mewujudkan masyarakat hidup  nyaman aman, sehat  dalam menyambut new normal.

" Kami berharap bantuan yang ditujukan pada masyarakat tepat sasaran karena kita belum banyak bantuan dari pihak luar selama masa pandemi ini. Ketika kita menghadapai persoalan warga kami bergotong royong, peran RT dan RW sangat luar biasa.  Di wilayah Srondol Wetan ini terdiri dari 18 RW, 130 RT dan sekitar 7.800 an KK, kita termasuk penduduk terpadat di  kecamatan Banyumanik." pungkas Ali Akbar.

Bantuan yang diberikan pemerintah bagi warga cukup memberi ketenangan dan kenyamanan bagi warga.  Sasaran bantuan ini adalah masyarakat terdampak Covid-19 yang lebih mengedepankan masyarakat kecil, karena pada penerimaan bantuan tersebut diduga terjadi salah sasaran/tidak tepat sasaran. Hal ini perlu dievaluasi agar ke depannya bantuan tersebut dapat tepat . Tepat penerima, tepat alamat dan tepat jumlah yang diterima.

  # Taufiq W.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »