Diduga Ratusan Massa Rusak Tugu PSHT di Sragen, Situasi Sempat Mencekam




SRAGEN, LpkTtankonmasi - Tugu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Sragen  diduga menjadi sasaran perusakan.  Tiga tugu di tiga kecamatan dilaporkan dirusak secara beruntun. Minggu 5/7/20.

Pelaku diperkirakan mencapai lebih dari 150 orang dan diduga berasal dari salah satu perguruan silat lainnya. Video aksi perusakan itu juga beredar luas.

Aksi perusakan dilakukan oleh ratusan orang yang mayoritas anak  muda. Mereka melakukan konvoi sepeda motor sembari menggempur tugu milik PSHT di tiga lokasi.

Dari hasil investigasi di lapangan, aksi perusakan terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Tidak ada yang tahu bagaimana awal mulanya. Rombongan ratusan pemuda dengan motor itu berkonvoi.

Konvoi melintasi wilayah Sukodono, Mondokan dan Gesi. Menurut kesaksian masyarakat, tiba- tiba di tiga wilayah itu, rombongan konvoi berhenti dan kemudian langsung merusak tugu berlambang PSHT.

Sementara, ada tiga titik yang jadi sasaran perusakan. Yakni di Mondokan, Gesi dan Sukodono,” papar Kapolres Sragen, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo kepada wartawan ditemui di Mapolres, Minggu  5/7/2020

Menurutnya, saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan. Pihaknya meminta masing-masing pihak saling menahan diri dan mempercayakan penanganan kasus perusakan kepada kepolisian.

“Tolong sama-sama mengerem. Jangan sampai berkelanjutan dan merugikan berbagai macam pihak. Percayakan kami, tetap utama kami jaga kondusivitas,” terangnya.

Para petinggi PSHT pun langsung berkumpul dan memberikan himbauan kepada seluruh anggota dan keluarga besar persaudaraan setia hati (PSHT) untuk menahan diri dan tidak terprovokasi.
Sementara, Kapolsek Gesi Iptu Teguh Purwoko membenarkan ada satu tugu di Sapen, Gesi yang jadi sasaran perusakan. Ia memastikan saat ini masih melakukan pendalaman dan mempertemukan masing-masing pihak.

(Iwan K)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »