SMAN 4 SEMARANG GELAR MPLS PESERTA DIDIK BARU, TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG KETAT




Semarang, Lpk.Trankonmasi.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah masih terus menjajaki langkah- langkah untuk membuka sekolah dimasa normal baru ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Keputusan lebih lanjut dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait kebijakan telah ditindak lanjuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui surat edaran dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambil terus melakukan persiapan persiapan.



Penerapan normal baru dibidang pendidikan terus diupayakan diantaranya dengan menata ruang, menata jam masuk dan pembatasan kapasitas siswa yang masuk sekolah. Karena awal tahun pelajaran baru dimulai  13 Juli 2020 untuk masuk sekolah yang diprioritaskan bagi SMA dan SMK akan tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan tegas dan akan melakukan uji coba dengan mengevaluasi hasil uji coba tersebut. Penerapan normal baru bagi peserta didik baru ditahun pelajaran 2020/2021 dalam mengikuti pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan kalender pendidikan 2020/2021 yang dimulai 13 - 15 Juli 2020. Sesuai persetujuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah serta pihak sekolah melalui kebijakan Kepala Sekolah melaksanakan MPLS bagi peserta didik baru.





Sebanyak 396 peserta didik baru SMA Negeri 4 Semarang mulai tanggal 13 -15 Juli 2020 mengikuti MPLS dengan pembagian dua season dalam penyampaian materi mulai dari jam 07.00 - 09.30 untuk season pertama dengan jumlah peserta 73. Untuk  season kedua dimulai pukul 09.00 - 12.30 dengan jumlah peserta 73 seluruh peserta didik mengikuti MPLS dengan protokol kesehatan yang ketat dengan cuci tangan, hand sanitiezer, memakai masker, serta jaga jarak minimal 1 meter. Setiap siswa dilengkapi dengan memakai face shield yang digelar di aula sekolah, jalan Karangrejo Raya 12A, Srondol Wetan, kec.Banyumanik, Kota Semarang, Senin (13/7/2020).

Kepala SMA Negeri 4 Semarang,Dra. Wiji.Eny Ngudi Rahayu,M.Pd dalam sambutan pembukaan MPLS menuturkan peserta didik yang diterima di SMAN 4 Semarang.

“ Saya ucapakan selamat datang dan selamat bergabung. Saya mengucapkan selamat karena kalian anak anak pilihan harus kalian tunjukan bahwa kalian adalah calon- calon pemimpin bangsa dimasa depan, kerja keras kalian harus selalu berjuang untuk dapat berprestasi di SMAN 4 Semarang. SMAN 4 adalah salah satu SMA Negeri favorit di Kota Semarang," jelasnya.

" Ketika kalian masuk dipintu gerbang apa yang kalian ucapkan ? tentu saja rasa syukur berikutnya ada rasa kebanggaan tersendiri karena bisa diterima di sekolah ini.

“ MPLS merupakan ajang untuk saling mengenal diantara teman-teman kalian, karena orang yang sukses adalah orang yang cerdas disamping peduli kepada lingkunganya," jelasnya.



Eny menambahkan, " Tidak cukup hanya cerdas saja,tidak cukup hanya peduli saja,tetapi  cerdas juga peduli kepada lingkungannya. Oleh karenanya setelah masuk di SMA Negeri 4 Semarang, saya berharap untuk fokus, memiliki komitmen,  memiliki semangat dan harus menjadi anak yang tangguh, anak yang cerdas,  memiliki akhlak mulia, yang bisa membanggakan orang tua, bisa membanggakan almamater dengan sekuat tenaga bisa menjaga almamater dan nama baik SMA Negeri 4 Semarang.”

Adapun materi MPLS yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari 13 - 15 Juli 2020 diantaranya : Pengenalan kurikulum dan tantangan pembelajaran era industri 4.0, Pengenalan lingkungan sekolah, Visi dan misi SMA Negeri 4 Semarang, budaya sekolah dan penguatan pendidikan karakter, Pesona Smapa (mengelilingi lingkungan sekolah), Pengenalan OSIS,Pengenalan lagu Mars dan hymne SMAN 4, Pergaulan remaja yang sehat serta ditutup dengan pengenalan demo ekstrakurikuler SMA Negeri 4 Semarang.


# Taufiq W

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »