Giat Bhakti Sosial Ranting Pemuda Pancasila Kebondalem Salurkan Santunan Anak Yatim Piatu

Foto Dukomentasi Kegiatan Santuanan Anak Yatim Piatu Ranting Pemuda Pancasila Kebondalem



Pemalang, LpkTrankonmasi.com

Bulan Muharam menjadi salah satu bulan suci bagi umat Islam, selain bulan Ramadhan. Keistimewaan tanggal 1 Muharram adalah berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.


Bulan Muharram merupakan salah satu di antara empat bulan haram atau bulan suci dalam Islam. Di antara keutamaan bulan suci adalah segala amal shalih yang dilakukan di dalamnya diganjar lebih dibandingkan amalan yang dikerjakan di bulan lainnya. Muharam adalah salah satu bulan di kalender Islam yang diyakini penuh berkah. Dalam literatur keislaman, Muharam dijuluki sebagai "Bulan Allah" atau Syahrullah karena bermakna agung dalam sejarah Islam.

Oleh karena 1 Muharam 1442 Hijriah jatuh di tanggal 20 Agustus 2020, maka jadwal puasa Tasu'a dan Asyura adalah pada 28 dan 29 Agustus 2020.

Dalam masyarakat jawa bulan muhharam yang disebut bulan syuro diyakini bulan yang penuh karomah dan dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah dengan menyantuni anak yatim. Sehingga dalam bulan ini ada yang meyebutkan hari raya anak yatim.


Seperti halnya yang dilakukan oleh Ranting Pemuda Pancasila Kebondalem dalam bulan Muharam ini menyelenggaran Bhakti Sosial dengan meyantuni anak yatim piatu dan keluarga tidak mampu sejumlah 150 KK.

Acara yang bertajuk sosial ini bertepatan dengan 10 Muharam 1442 H ini pada hari Jumat (28/08/2020) bertempat di salah satu rumah anggota PP yaitu Kelurahan Widuri Kacamatan Pemalang dilaksanakan dengan suasana yang harmonis dan cukup meriah.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kelurahan Widuri Samsudin, Ketua Ranting Kebondalem Wisnu Destri Ariyanro beserta Pengurusnya,  Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pemalang beserta jarajaranya seperti BPPH dan SATMA PP Kabupaten Pemalang serta Srikandi PP Kabupaten Pemalang dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam wawancaranya kepada awak media Ketua Ranting PP Kebondalem menjelaskan, " Bahwa pemberian santunan anak yatim dan keluarga tidak mampu tahun ini adalah dalam rangka tasyakuran dan kita mengadatkan acara ke agamaaan maupun sosial , dimana pendanaan acara kegiatan sosial ini diperoleh dari iuran para anggota dan Pengurus PP serta kami juga menggandeng rekanan
PT. YOGA MUTIARA INDO ( YMI ) dan CV. RESTU KARYA MANDIRI (RKM) dimana bagikan untuk peserta anak yatim piatu dan keluarga yang kurang mampu sejumlah  150 KK " ujar Wisnu yang juga selaku Ketua Peyelenggara acara tersebut.


Lebih jauh Wisnu memaparkan, " Penyaluran santunan yatim piatu ke sejumlah 150 KK ini meliputi warga penerima yang sudah kami data yang mencakup wilayah kecamatan Pemalang dan Taman meliputi : Kelurahan/Desa Bojongbata,  Tambakrejo, Kebondalem, Mulyoharjo,  Widuri,  Tanjungsari,  Pelutan, Banjaran dan Jebed , yang berupa uang dan bingkisan untuk dibawa pulang, " pungkas Wisnu.

Acara diselingi dengan pengajian ceramah agama oleh pembicara ustad Agus dari Pemalang yang menjelaskan hikmah dan keistimewaan di bulan Muharam dengan amalannya,  dengan hidmat para peserta mengikuti pengajian tersebut sampai selesai.

(ojin)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »