Jelang HUT RI Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) Gelar Workshop Jurnalistik


Foto Logo IPJT


Pemalang, LpkTrankonmasi.com

Meskipun Pandemic Covid-19 masih  berlangsung  Insan Pers Jawa Tengah ( IPT) akan gelar workshop besok pada, Minggu (16 Agustus 2020), yang bertempat di Hotel Winner Primer Kabupaten Pemalang yang sekaligus juga acaranya dekat dengan Peringatan Hari HUT Kemerdekaan RI yang ke- 75.

Workshop tersebut, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesi wartawan yang berkualitas, dan diikuti peserta se-Karesidenan Pekalongan juga peserta dari berbagai kota di Jawa Tengah seperti: Demak,  Kudus, Pati, Grobogan,  Semarang dan Magelang yang sudah mendaftarkan  during melalui Panitia lewat  Whatsup juga merupakan anggota IPJT .

Kegiatan workshop ini bertujuan guna menambah ilmu dan wawasan sebagai seorang Wartawan dalam menerima ilmu kejurnalistikan oleh nara sumber yang profesional dalam bidang jurnalistik.

Para nara sumber dalam Workshop tersebut antara lain, Wilson Lalengke, SPd, MSc, MA (Ketum PPWI) dan Trias Purwadi, S.Sos ( Ketua PWI Pekalongan), dan beberapa nara sumber dari Pengurus Sekber Insan Pers Jawa Tengah lainnya.

Kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi, agar antar wartawan saling bersinergi satu dengan yang lainnya dalam bertukar pengalaman dalam menulis berita maupun pada saat berada di lapangan.

Ketua Panitia Workshop, Winoto Jamin, melalui sekretarisnya Ali Rosidin menyampaikan, bahwa kegiatan ini nantinya sebagai pilot projek diantara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Insan Pers di Jawa Tengah Khususnya.

“Kami berharap dan menghimbau agar seluruh wartawan yang tergabung dalam wadah IPJT dapat ikut serta berperan aktif dalam menimba ilmu jurnalistik dalam kegiatan workshop ini maupun kegiatan – kegiatan yang lain, ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, kegiatan workshop ini merupakan salah satu Program IPJT yang sudah teragendakan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) mendatang dengan persiapan latihan menjelang Pra UKW agar lulus untuk mendapatkan sertifikat sebagai insan pers dalam mematuhi peraturan yang berlaku dalam undang- undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan kode etik jurnalistik.

“Wartawan itu dilindungi Undang-undang jadi tidak perlu takut di dalam kriminalisasi pada saat menulis berita maupun disaat klarifikasi di lapangan sepanjang dalam melaksanakan tugas mentaati kode etik jurnalis dan taau UU tentang Pers,” paparnya



Kegiatan workshop juranalistik ini diadakan di Kabupaten Pemalang,  karena memang Pemalang berlokasi di tengah kota /kabupaten di Karisidenan Pekalongan yang meliputi : Batang, Kab/kota Pekalongan,  Pemalang,  Kab/kota Tegal dan Brebes, sementara kegiatan workshop jurnalistik tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak " pungkas salah satu Panitia Workshop


 (Ojin)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »