Kawanan Monyet Resahkan Petani dan Warga di Sampang




Sampang, lpktrankonmasi.com

Hama monyet yang semakin merajalela membuat resah para petani tepatnya di Dusun Lonsaba, Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang karena bukan sekadar mengancam hasil panen, tapi juga sudah berani memasuki pemukiman warga.

"Sekitar tahun 2005, semenjak waduk nipah di bangun hama monyet mulai turun menyerang lahan pertanian warga. Perkembangan hewan itu cukup tinggi. Lima tahun terakhir ini sudah semakin ramai terutama di daerah lahan pertanian warga," kata Petani setempat, Madun.

Sabtu, (08/8/2020)

Tanaman para petani, seperti cabai, ubi, jagung bahkan padi apalagi pisang di lahan petani itu sudah rata-rata rusak akibat hama monyet.

"Warga petani Dusun Lonsaba Desa Tlagah dan sekitarnya sudah hampir putus asa  bercocok tanam di ladangnya, karena trauma hama monyet," katanya.

Ia mengatakan cukup banyak kerugian yang diderita warga sebagai dampak kerusakan tanaman  akibat serangan monyet  itu.

Sebenarnya, kata dia, masyarakat ingin menghabisi hama monyet tersebut, tetapi tidak tahu caranya.

"Meski sudah diracun tidak berdampak, diusir malah melawan, pakai senapan takut kena sanksi, monyet memang licik," katanya.

Untuk itu petani di Dusun Lonsaba, Desa Tlagah mengharapkan instansi terkait  dapat turun tangan guna meminimalisir puluhan bahkan ratusan monyet tersebut.

Apalagi, tambahnya, sekawanan monyet tersebut belakangan ini  sudah mulai memasuki permukiman warga, diduga karena sudah kehabisan makanan yang ada di areal lahan pertanian. 

(Naf)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »