Sukses !! IPJT Eks Karisidenan Pekalongan Gelar Workshop Jurnalistik

Foto : Sambutan Ketua Umum Sekber IPJT Doktor Endar Susilo SH.MH


Pemalang,LpkTrankonmasi.com

Penyelenggaraan Workshop Jurnalistik Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) Se-Eks Karesidenan Pekalongan yang berlangsung di Hotel Winner Premier berjalan sukses dan cukup meriah pasalnya dalam kondisi yang serba sulit akibat dampak pandemi covid-19, Justru mampu dan sukses menyelenggarakan acara workshop tersebut.

Hal tersebut terbukti hadir 98 peserta yang dari berbagai media  cetak maupun Online pada Minggu (16/08/2020).

Acara berthema"Meningkatkan profesionalitas Jurnalistik yang handal dan Profesional di era digital" Menurut Sekretaris Panitia Workshop Ali Rosidin “Acara ini bertujuan menambah kemampuan teman teman wartawan di bidang jurnalistik, yang ke dua meningkatkan keprofesionalan kinerja wartawan di era digital " ujarnya

 Foto Wilson Lalengke S.Pd, MSi (berdiri) saat memberikan materi Workshop Jurnalistik di Hotel Winner Premier Pemalang


Narasumber yang hadir di antaranya Wilson Lalengke S.Pd, MSi. dari PPWI, Trias Purwadi S.Sos dari PWI Pokja Pekalongan dan turut hadir Ketua Umum IPJT Doktor Endar Susilo SH.MH.

Dalam sambutannya Ketua umum IPJT Dr. Endar Susilo SH MH , menyatakan,”  acara workshop ini yang sangat luar biasa para pengurus IPJT eks karesidenan Pekalongan, karena di tengah ekonomi yang sangat sulit ini mampu menyelenggarakan Workshop di Pemalang dengan tingkat kehadiran hampir 100 persen " ujarnya

Kegiatan workshop Sekber IPJT tersebut diikuti oleh 98 orang peserta yang hadir dari berbagai media se Jawa Tengah, baik dari media lokal mau dari media nasional dalam satu wadah jurnalis guna mendapatkan pembekalan ilmu jurnalistik disaat mengikuti workshop tersebut dengan penuh kesungguhan.

Adapun Nara Sumber yang dalam workshop tersebut antara lain: Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc. MA ( Ketum PPWI) dengan memberikan materi tentang Undang - undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan H.Trias Purwadi,S.Sos ( Ketua PWI Pekalongan) memberikan materi tentang Jurnalis Dasar dan Tehnik Penulisan  serta Praktek Pembuatan Berita.


Sedangkan tamu undangan yang hadir yakni: Ketua Umum Sekber Insan Pers Jawa Tengah,Dr.Endar Susilo,SH,MH dan Drs Nugroho Budi Raharjo,MM dari Dinas Kominfo Kabupaten Pemalang.

Sementara itu Sekjen Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah Moch. Safik menerangkan bahwa " moment ini sangat penting sekali bagi seorang wartawan karena untuk menguji dan mengasah kemampuan dan abilitas masing - masing wartawan atau jurnalis di Era Digitalisasi Media saat ini yang sarat dengan tehnologi yang selalu harus diikuti agar tidak ketinggalan dalam merilis berita yang aktual dan dapat dipercaya" terangnya

Disamping itu Safik menjelaskan " Seorang wartawan dituntut tidak hanya memiliki kemampuan dan Angel Pemotretan saja, namun juga harus mampu bagaimana merealisasikan kemampuan mengemas berita secara real dan dapat dibaca dan dipahami pembaca dengan mudah sehingga pembaca merasa tertarik terhadap pemberitaan yang selalu muncul" tandasnya.

Ketua Panitia Workshop,Winoto Jamin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan workshop tersebut sesuai dengan " Koridor Protokol Kesehatan dengan mewajibkan peserta memakai masker,jaga jarak,cuci tangan sebelum masuk ruangan,dan menggunakan hand sanitizer"

Selain itu Ketua panitia juga menyampaikan agar seluruh wartawan yang tergabung dalam wadah IPJT dapat ikut berperan aktif dalam menimba ilmu jurnalistik dalam workshop ini,maupun dalam kegiatan lainya,agar workshop ini sebagai "Pilot Proyek "
diantara Dewan  Pimpinan Cabang Sekber Insan Pers Jawa Tengah di mana saja berada agar bisa dicontoh bagi kabupaten yang lain dalam menyelenggarakan kegiatan apapun untuk ke depannya,ucapnya


Ketum  Sekber IPJT, Dr.Endar Susilo, SH, MH, dalam  sambutannya menyampaikan rasa bangganya dan sangat mengapresiasi sekali pada pengurus Sekber IPJT  Karesidenan Pekalongan atas kerjasama dan kerja kerasnya dalam kondisi ekonomi yang sulit ini, namun  mampu dan sukses menyelenggarakan workshop tersebut dengan jumlah peserta yang luar biasa yang dilandasi penuh semangat perjuangan 17 Agustus dalam kebhinekaan Tunggal Ika an Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai" tandasnya.

Harapan ke depannya setelah selesai dari workshop, para wartawan mampu menerapkan ilmu jurnalistiknya sehingga menjadi seorang jurnalis yang profesional dalam konteks penulisan pemberitaan" pungkas Endar.


 (Ojin)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »