MAN 4 Semarang Gelar Workshop Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Menyesuaikan Kebiasaan Baru.


 Dari kiri :Pengawas SMA,Dra.Anni Prabandari,M.Pd,Kepala Cabdin 1 Jateng,Budi Santoso,S.Pd.M.Pd.M.Si,Kepala SMAN 4 Semarang,Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd. (poto:  Taufiq)


Semarang,LPK Trankonmasi.com

 

Pembelajaran tematik adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual/kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep/prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik melalui tema tertentu.

 


Pembelajaran tematik merupakan usaha mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap, dan pemikiran kreatif dalam pembelajaran dengan menggunakan tema sebagai pokok kajian. Tema dikaji secara mendalam.

 

Hal inilah yang akan diterapkan SMA Negeri 4 Semarang pada semester ganjil ini dan semester genap diawal tahun 2021 mendatang. Guna meningkatkan mutu sekolah serta mutu tenaga pendidik/guru diera milenial, SMA Negeri 4 Semarang menggelar Workshop dengan tagline "Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Menyesuaikan Kebiasaan Baru" yang dilaksanakan selama dua hari 1 - 2 oktober 2020 bertempat di Aula SMA Negeri 4 Semarang jalan Karangreja Raya 12A Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Ssmarang, Rabu ( 30/9/2020).

 

Kepala SMA Negeri 4 Semarang Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pemenuhan mutu dari standar proses, dimana untuk SMA Negeri 4 Semarang harus memenuhi tentang Rencana Progrsm Pembelajaran ( RPP) tematik integratif, " jelasnya.

 

" SMA Negeri 4 Semarang merupakan rujukan dari para orang tua yanh berdomisili di semarang bagian atas. Kami informasikan lanjut Eny bahwa lulusan SMA Negeri 4 untuk.tahun ajaran 2019/2020 yangbditerima melalui SNMPTN sejumlah 70 siswa, 7 diantaranya di terima diFakultas Kedokteran sari beebagai Perguruan Tinggi Negeri.

 

" Dengan pemenuhan standar  proses ini mudah mudahan penyelenggaraan pendidikan di SMAN 4 semarang akan berjalan dengan baik untuk emlayani para siswa agar memiliki outcome yang baik pula," Ungkap Eny.

 

Dia menambahkan SMAN 4 adalah sekolah Adiwiyata dimana posisi kami sudah posisi tingkat Provinsi Jateng dan pada saat sekolah adiwiyata tingkat provinsi menjadi Pelaksana terbaik II dan Kami mendapatkan hadiah maupun penghargaan  langsung dari Bapak.Gubernur Jateng, Bapak Ganjar Pranowo.

 

Kami mohon supportnya untuk tahun 2021 yang akan datang kami akan mengikuti dan maju ke tingkat nasional," tutupnya.

 


Sementara Kepala Cabdin 1 Prov.Jateng,Budi Santoso,S.Pd.M.Pd.M.Si sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ditengah pandemi covid 19 yang melanda negeri kita, tetapi SMA Negeri 4 Semarang masih terus berdaya upaya meningkatkan mutu pendidikan

," tutur Budi.

 

" Untuk pembelajaran tematik integratif memang hal yang baru, dibutuhkan upaya yang keras supaya bisa menghasilkan yang terbaik. Tujuan pembelajaran ini tidak lain ingin menciptakan siswa siswi yang lebih kreatif,unyuk.itu dibutuhkan bapak ibu guru yang kreatif pula," pungkasnya.

 

Pada Kesempatan sama, Pengawas SMA , Dra

 Anni Prabandari,M.Pd menyampaikan materi Konsep dasar Pembelajaran Tematik Integrasi,tujuan.peserta mengikuti pelatihan ini agar peserta memahami konsep dari pembelajaran tematik integratif, " tuturnya.

 

" Berdasarkan Permendikbud no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses yang meliputi proses pembelajaran dan prinsip pembelajaran.

 

Menurut Anni pembelajaran tematik integratif merupakan usaha mengintegrasikan pemgetahuan, ketrampilan, nilai, sikap dan pemikiran kreatif dalam pembelajaran dengan menggunakan tema sebagai pokok kajian," pungkasnya.

 

    # Taufiq W.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »