SMAN 4 Semarang Launching Branding School Innovation Research , Mars dan Hymne Ditengah Pandemi.


 

Seluruh Keluarga Besar SMA  N 4 Semarang poto bersama usai Launching Branding School Innovation Research


Semarang, LPK Trankonmasi.com

 

Sekolah swasta maupun sekolah negeri memiliki peran yang sama dalam mencerdaskan generasi pengganti bangsa  dimasa yang akan datang.

 

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh sekolah adalah menciptakan BrabdingSchool yaitu usaha yang digunakan oleh sekolah untuk menjadikan sekolah mereka dikenal,diingat dan memiliki penilaian tersendiri pada masyarakat umum.

 

Sekolah harus memiliki brand yang membuat orang tua berpikir untuk menyekolahkan anaknya disekolah tersebut.

 

Guna mewujudkan sekolah yang memiliki penilaian serta ciri khas tersendiri pada masyarakat, SMA Negeri 4 Semarang  menggelar Launching Branding School Innovation Research, Mars dan Hymne SMA Negeri 4 Semarang dengan tagline SMAPA INSPIRATIF yang bertempat di Aula SMAN 4 Semarang jalan Karangrejo Raya 12A, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, selasa(27/10/2020).

 

Acara tersebut dihadiri sejumlah 100 undangan yang terdiri atas, Keluarga Besar SMAN 4 Semarang , Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Jateng, Pengurus Alumni All Smapa, Ketua Komite Sekolah, Perwakilan Orangtua siswa serta siswa yang mengisi acara tersebut.

 

Kepala SMA Negeri 4 Semarang,Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd dalam sambutannya menuturkan keberhasilan sebuah produk baik berupa barang maupun jasa sebagian bergantung pada kemampuan pasar tujuan,target market dalam membedakan satu produk dengan produk lainnya," tuturnya.

 

" Penentuan merk atau branding adalah alat utama yang digunakan pemasar untuk membedakan produknya dengan produk pesaing. Fenomena menggunakan merk sebagian dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh lembaga pendidikan.

 

Demi menarik pelanggan, branding/ identitas merk menjadi sangatlah penting. branding tidak hanya berlaku bagi perusahaan tetapi juga lembaga pendidikan. Bagi lembaga pendidikan bisa juga berfungsi sebagai kekuatan dan pembeda," terang Eny.

 

Menurutnya SMA Negeri 4 Semarang sebagai salah satu sekolah yang menjadi pilihan masyarakat dikota semarang pada khususnya, jawa tengah pada umumnya mengharuskan untuk mempunyai branding guna meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Dalam hal ini jelas Eny, pentingnya branding selain untuk persuasi peserta didik juga digunakan sebagai kekuatan dan pembeda dari sekolah lainnya.

 

Branding SMA N 4 Semarang adalah mewujudkan SMA N 4 Semarang sebagai sekolah berbasis penelitian yaitu Innovation Research dengan tagline SMAPA INSPIRATIF ( Indah Nasionalis Smart  Prestasi Inovatif Research Adaptif) Maksud tagline tersebut tambah eny, Smapa akan memposisikan diri secara berkesinambungan dan berproses untuk menjadi sekolah dengan lingkungan yang indah, menghasilkan peserta didik yang nasionalis, cerdik dan selalu meningkatkan prestasi dengan menyesuaiakan perkembangan dan tuntutan zaman berbasis innovation research," papar Eny

 

" Sedangkan manfaat yang kita ambil, menurutnya untuk sekolah sebagai sarana identitas untuk memudahkan proses pembelajaran untuk menghasilkan output dan out up yang diharapkan.

 

Lalu untuk warga sekolah sumber keunggulan dan pembeda dengan sekolah lain sehingga memberikan semangat kepada warga sekolah untuk selalu berkolaboratif untuk mencapai tujuan," imbuh eny.

 

Sedangkan untuk masyarakat sebagai sinyal tingkat kualitas bagi masyarakat yang puas sehingga memberikan pengakuan dan muncul kepercayaan untuk memilih SMA Negeri 4 Semarang sebagai pilihan utama bagi sekolah yang dituju.

 

Eny menambahkan disamping melaunching branding sekolah ada satu lagi yaitu launching lagu Hymne dan Mars, dimana launching keduanya bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda," pungkasnya.

 

Sementara itu Kepala Cabang Wilayah 1 Disdikbud Jateng,

 Budi Santosa,SPd.M.Si. M.Pd menyampaikan bahwa program sekolah sebaik apapun tanpa informasi akan tertinggal, sebab yang diserbu apa? informasi. Program sekolah sebaik apapun tanpa informasi kepada komite, orang tua siswa, siswa maka program itu akan begitu saj, maka harus di informasikan kepada khalayak ramai maka akan tahu yang dilakukan SMA Negeri 4 Semarang yang sangat luar biasa ini," jelasnya.

 

Menurut Budi menyitir dari Muhammad Plato yang mengatakan bahwa segala permasalahan didunia disebabkan karena komunikasi.

 


Saya mengajak kepada bapak ibu semua untuk berinspiratif begitu ada yang tidak conect maka ini akan menjadi masalah," tutup Budi.

 

Usai memberikan sambutan dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara penetapan Branding School dan penyerahan secara simbolis poster Branding School Smapa Inspiratif serta master Lagu Hymne dan Mars SMA Negeri 4 Semarang serta penyerahan reward bagi Siswa berprestasi dan Guru berdedikasi tinggi juga pada Karyawan berdedikasi tinggi.


#Taufik W


      

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »