SOSIALISASI PILBUP SRAGEN DOMPLENG KEGIATAN MUSDES


 

Sragen, Lpk Trankonmasi.com

 

Rabu, 4 November 2020  PPS DesaTanon menyelenggarakan sosialissi PILBUP bersamaan dengan diselenggarakannya acara Musdes tentang penyampaian RKPDes Tahun 2021, Penetapan Perubahan APBDes Desa Tanon Th 2020 tahap V, Penyampaian Kelompok Penerima Manfaat (KPM) bulan 11 dan 12 dan Sosialisasi Kios Desa Tanon. Sosialisasi tentang PILBUP Kabupaten Sragen disampaikan oleh salah satu petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara).

“Untuk sosialisasi ini direncanakan dari KPU dan dari PPK Kecapatan itu kan menginformasikan kepada seluruh PPS yang ada di wilayah Kecamatan Tanon dan menginstruksikan untuk mensosialisasikan mengenai surat suara yang nanti akan turun jadi nanti masyarakat akan bisa melihat di TPS masing-masing dimana di Tanon ini ada 11 TPS, jadi warga nanti bisa melihat ada DPT disiti bisa mengecek namanya juga bisa melihat surat suara seperti apa yang dipilih oleh masyarakat” demikian keterangan dari Fajar Arafat selaku petugas PPS di desa Tanon.

 

Dalam sosialisasi pada saat itu yang dihadiri seluruh pejabat Pemerintahan Desa Tanon, RT, pemuka masyarakat, BPD dan lembaga desa dilakukan secara singkat dan terkesan terburu-buru karena waktu memang tidak direncanakan secara matang oleh pihak PPS (Panitia Pemungutan Suara).

 

Satu poin yang disampaikan oleh petugas PPS saat itu adalah menunjukkan surat suara dan menyampaikan cara mencoblos dan memberikan penjelasan tentang surat suara yang dibawanya.

 

Kegiatan itu dilakukan tidak begitu lama hanya berkisar 10 menit hingga tanpa ada kesempatan warga masyarakat bisa menanyakan dan minta penjelasan yang dirasa perlu dan belum banyak yang diketahui warga tentang PILBUB Sragen yang dirasakan sangat dingin dan tidak banyak yang tahu tahapan-tahapannya.

 

Seperti disampaikan Fajar Arafat yang saat itu ditugaskan sebagai petugas sosialisasi bahwa di Desa Tanon ada 11 TPS dan tahapan sekarang sudah pembentukan KPPS yang mana SK sudah turun tinggal print dan ditempel di Balai Desa Tanon.

 

“ Untuk sosialisasi ini PPS beserta kesekretariatan jadi PPS ada tiga dan kesekertariatan desa itu juga ada tiga jadi enaam personil” keterangan Fajar Arafat.

 

 Saat ditanya oleh awak media petugas PPS menyampaikan “Pilihan masyarakat itu beda-beda jadi mereka itu punya hak sendiri pilih kolom kosong tidak bergambar ataupun kolom yang ada gambarnya toh nanti pada saat pemilihan apabila nanti kan masih banyak, hasilnya ya hasilnya itu 50% lebih banyak didapat oleh kolom kosong berarti nanti untuk bupati dan wakil Sragen akan PLT jadi menunggu pemilihan serentak setiap 5 tahun”

 


“Untuk Sragen kemarin kan pemilihannya serentak jadi kan kemungkinan kemarin ada beritakan untuk pemilihan serentak itu ada kemarin Gubernur wakil Gubernur dari kemarin kan ada 5 kemungkinan nanti ada 6 pemilihan kemungkinan nanti akan disamakan dengan itu” Imbuhnya

 

Anggaran dalam penyelenggaraan sosialisasi PILBUB sudah diatur olek PPK dan menurut keterangan PPS yang ditemui awak media bahwa dalam sosialisasi dan menyampaikan kepada masyarakat boleh mengadakan sosialisasi tersendiri dengan mengumpulkan warga khusus diberikan sosialisasi atau mendompleng warga saat ada kegiatan diantaranya pada saat ada acara Musdes yang diadakan Desa Tanon saat ini.

 

(Broto)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »