3 D Consultan Bersinergi Dengan Unisbank Semarang Gelar Asesmen


 Semarang,lpk Trankonmasi.com

 

Di era globalisasi sekarang ini karyawan yang produktif sangatlah diperlukan. Kebutuhan karyawan yang memiliki kinerja tinggi ini diperlukan oleh sebuah perguruan tinggi  guna mempertahankan keberlanjutan eksistensinya.

 

 Hal inilah yang menyebabkan perguruan tinggi membutuhkan karyawan yang memiliki potensi kerja dan motivasi yang tinggi guna mencapai tujuan sebuah perguruan tinggi di masa mendatang.

 

Berawal dari potensi kerja karyawan dan motivasi yang tinggi inilah sebuah perguruan tinggi memiliki karyawan yang berkinerja baik.

 

3D Consultan Center For Learning Culture bersinergi dengan Perguruan Tinggi Unisbank Kota Semarang menggelar asesmen yang diikuti  karyawan karyawati sejumlah 147 peserta yang bertempat di gedung kampus Unisbank lantai.6, kamis ( 28/1/2021)

 

Asesmen dilaksanakan selama tiga hari mulai selasa 26 januari sampai dengan kamis 28 januari 2021 yang dimulai dari pukul 0.8.00 - 16.00, Setiap harinya perkelompok yang wajib mengikuti asesmen sejumlah 47-50 peserta, dengan materi  psikotes dan interview untuk mendalami kesesuaian kompetensi diri dengan kompetensi pekerjaan.

 


Untuk psikotest mencakup kemampuan kognitif pribadi dan pekerjaan dan interview mendalami kemampuan diri dalam konteks pekerjaan.Pada season interview dibagi enam kelompok yang diuji oleh enam asesor.

 

Theresia Dewi Setyorini dari 3 D Consultan sekaligus sebagai Ketua tim asesor asesmen menjelaskan," Setiap organisasi dalam situasi perubahan saat ini perlu memetakan kompetensi karyawan guna mengkaji kesiapan dalam menghadapi perubahan, apa saja yang perlu dipersiapkan," ucapnya.

 

Menurutnya memetakan kemampuan karyawan akan memberikan referensi untuk menetapkan kebijakan yang  paling tepat sehingga organisasi dapat lebih tepat dalam menetapkan strategi perubahannya.

 

 " Terlebih dalam situasi pandemi saat ini, timingnya menjadi lebih pas

 program pengembangan apa yang dibutuhkan sehingga karyawan dapat lebih siap dan pada akhirnya dapat diajak berlari mengikuti perubahan," paparnya.

 

Pada kesempatan terpisah Ketua Pengurus YPPMI Unisbank, Dr. Alimudin Risal MM menuturkan asesmen sebagai pemetaan karena kita.perlu melihat soft kompetensi dan hard kompetensi para karyawan profesional. Ini diberlakukan pada karyawan tetap maupun karyawan kontrak di Unisbank," terangnya.

 

" Bagi karyawan kontrak diberlakukan ada peroidenya tergantung kinerjanya, setelah dalam kurun waktu tertentu, kalau mau terus, ya terus. Ini diberlakukan untuk karyawan cleaning service, kalau yang lainnya 6 bulan bagus mereka mau terus atau stop ," terang Ali.

 

Kalau asesmen untuk dosen ada sendiri tiap periode selalu kita laksanakan, karena dosen mempunyai penilaian sendiri karema sudah ada Indek Kinerja Akademik ( IKAD) sendiri.

 

Ikad berlaku setiap semester karena dosen penilaiannya sederhana dalam tanda petik, berupa jurnal, berapa risetnya recopnation yang diakui dimana saja, jadi konsultan apa?," papar Ketua Pengurus YPPMI Unisbank.


 

Setiap semester ada Beban Kinerja Dosen ( BKD ), untuk test psikologis dilakukan sudah dari awal kecuali yang terjadi stress berat, masih pantas nggak dia jadi dosen. U tuk.penilaian Ikad dilakukan setiap akhir tahun akademik dibulan april skan diumumkan," tutupnya saat mengakhiri perbincangan dengan Aktualdetik.com diruang kerjanya Unisbank semarang lantai 8.

 

   # Taufiq W.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »