Babinsa Bantu Pelayanan Posyandu Guna Wujudkan Balita Yang Sehat


 

Jepara, lpktrankonmasi.com

 

Dalam rangka turut serta mewujudkan kesehatan masyarakat di wilayah binaan, Babinsa Koramil 01/Jepara Peltu Iskan, ikut membantu bidan desa di Posyandu Cempaka yang berada di Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara. Jum’at (15/1/2021).

 

Dalam kesempatan itu Peltu Iskan mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait pelayanan kesehatan dasar.

 

“Di tangah pandemi covid-19, pelayanan posyandu di kelurahan Bapangan ini dengan mengedepankan protokol kesehatan.” Kata Babinsa.

 

Kegiatan Posyandu yang dilakukan meliputi penimbangan balita, Imunisasi, pemberian makanan tambahan gizi, vitamin untuk balita, serta pemeriksaan ibu hamil.

 

“Selaku Babinsa, saya akan terus membantu setiap kegiatan positif yang mensejahterahkan masyarakat.” Ujarnya.

 

Sementara Bidan Kelurahan Endang Amd.Kep mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah ikut aktif dalam pelayanan posyandu kepada warga kelurahan Bapangan.

 

“Dengan kehadiran Babinsa ini kami sangat berterima kasih karena dapat menggungah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengikuti progam Posyandu.” Ungkapnya.

 


Endang menyebutkan, dengan rutin mengikuti kegiatan Posyandu, maka pertumbuhan dan kesehatan masyarakat terkontrol, selain itu, angka kematian ibu hamil dapat ditekan dan asupan gizi bagi balita tercukupi.

 

“Posyandu diharapkan dapat mewujudkan balita yang sehat dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.” Pungkasnya.

 

Kesehatan merupakan kondisi sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkin setiap orang produktif secara ekonomis (Ps. 1 point (1) UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan). Karena itu kesehatan merupakan dasar dari diakuinya derajat kemanusiaan. Tanpa kesehatan, seseorang menjadi tidak sederajat secara kondisional. Tanpa kesehatan, seseorang tidak akan mampu memperoleh hak-haknya yang lain. Seseorang yang tidak sehat dengan sendirinya akan berkurang haknya atas hidup,

Singkatnya, seseorang tidak bisa menikmati sepenuhnya kehidupan sebagai manusia. Pentingnya kesehatan sebagai hak asasi manusia dan sebagai kondisi yang diperlukan untuk terpenuhinya hak-hak lain telah diakui secara internasional. Hak atas kesehatan meliputi hak untuk mendapatkan kehidupan dan pekerjaan yang sehat, hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, dan perhatian khusus terhadap kesehatan ibu dan anak.

 

( J Trankonmasi Tim)

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »