Melihat Tumpukan Sampah Babinsa Turun Tangan Atasi Masalah Kebersihan.

 



Jepara, lpktrankonmasi.com


Tumpukkan sampah akibat imbas banjir beberapa hari lalu menyebabkan tersumbatnya aliran sungai yang berada di Desa Sengon Bugel, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Rabu (27/1/2021).


Melihat hal itu, Babinsa Koramil 05/Mayong, Sertu Samsul Ma'arif berkoordinasi dengan perangkat desa Segon Bugel untuk melakukan kerja bakti pembersihan sampah yang menumpuk.


Babinsa mengatakan untuk menciptakan lingkungan wilayah desa yang aman, bersih dan terbebas dari banjir tentu harus ada upaya bersama.  


“Untuk itu, kita berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat melalui perangkat desa untuk peduli terhadap lingkungan terlebih di musim penghujan seperti ini.” Kata Sertu Samsul Ma'arif.


Selain itu, Babinsa Sertu Samsul Ma'arif menilai kunci pencegahan banjir ada pada kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Namun demikian juga ada beberapa faktor perisitiwa banjir yang disebabkan adanya jembatan yang kontruksinya terlalu rendah dan terlalu dekat dengan permukaan sungai sehingga menghambat aliran air ketika hujan turun belum lagi akibat banyaknya sampah yang menumpuk.



“Kalau tumpukan sampah ini tidak segera dibersihkan akan menjadi permasalahan yang akan ditimbulkan oleh alam, untuk itu, semua harus menginisiasi pentingnya kerja bakti membersihkan tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai ini.” imbuhnya. 


(J Trankonmasi Tim))

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »