Tinjau Latihan Hulu Balang Taruna Gubernur Akmil : Tingkatkan Kualitas Dan Motivasi Diri Guna Tingkatkan KualitasDiri


 Semarang, lpktrankonmasi.com

 

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) meninjau  Latihan Hulubalang Taruna Tingkat III TP 2020/ 2021 di daerah latihan Akademi Militer Bantir dan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah, Jum’at(29/01/21).

 

Kehadiran Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam sebagai Pimpinan Umum Latihan diterima langsung oleh Danmentar Brigjen TNI Windiyatno sebagai Pengawas Latihan. Di Kolat (Komando Latihan) Somowono. Latihan ini di laksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 30 Januari 2021.


 

Dalam peninjauan tersebut Gubernur Akademi Militer menyampaikan tentang tujuan dan arti pentingnya diselenggarakan latihan hulubalang tersebut.

 

”Dengan diadakannya Latihan Hulubalang agar Taruna Tingkat III memahami dan mampu mengaplikasikan teknik dan taktik Peleton Senapan dalam Operasi Lawan Insurjensi (OLI) serta melaksanakan komando dan pengendalian operasi satuan setingkat peleton,”ungkapnya.

 

“Adapun Materi latihan Hulubalang yang dilaksanakan adalah: Patroli (Patroli keamanan), OLI (Operasi Lawan Insurjensi), Pam RPU, Wandang Jalan Kaki, Wandang Ran, Pungpungdahmah, Pungsihpungdahmah dan pertahanan Basis Operasi Depan (BOD) yang tugasnya disesuaikan dengan kecabangan masing-masing Taruna”, sambungnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Akmil mengingatkan, bahwa meskipun latihan dilaksanakan dalam kurun waktu terbatas serta dihadapkan dengan berbagai materi yang begitu padat, tentunya masih sangat jauh untuk diasumsikan pada medan penugasan yang sebenarnya. Namun target dan sasaran latihan yang sudah ditentukan sebelumnya tetap harus menjadi prioritas pencapaian hasil latihan.

 

“Kunci keberhasilan Latihan Hulubalang adalah bagaimana tingkat pemahaman Taruna terhadap teori dan praktek yang telah diterima untuk diterapkan pada medan latihan sesuai skenario yang dirancang oleh penyelenggara/pelatih, sehingga latihan dapat mencapai target, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan”, lanjutnya.

 

”Kepada seluruh pelatih agar senantiasa melaksanakan peran dan fungsinya sesuai organisasi dalam latihan. Lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat dan terarah, terutama kepada personel baik Taruna/Taruni serta organik Akmi juga materiil maupun pelaksanaan kegiatan, sehingga latihan terlaksana dengan tertib, lancar dan aman, sehingga mencapai kesuksesan”, harapannya kepada pelatih.

 


Gubernur Akmil meminta kepada para Taruna/Taruni Tingkat III, ”agar para Taruna/Taruni senantiasa memacu semangat dan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri di bidang olah keprajuritan dan kepemimpinan lapangan serta ilmu pengetahuan".

 

Sri W/Penhumas Akmil

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »