: Kampung Tangguh Rw 25 Sumber Jaya Siap Melawan Corona


 

Bekasi, lpktrankonmasi.com


Dalam rangka penilaian Kampung Tangguh , sesuai Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor.1 Tahun 2012.Dengan adanya pandemi COVID 19 yang berkepanjangan Kampung/Desa Tangguh ini, diharapkan adanya kemandirian,apabila terjadi bencana wabah perlu kesiapan masyarakat membangun ketangguhan kesehatan dilingkungan, para Asesor melakukan kunjungan dan uji kompetensi, Agar kewaspadaan dini bisa teratasi sedini mungkin covid yang ada di lingkungan Rw 25 Desa Sumber Jaya-Kecamatan Tambun Selatan. Kabupaten Bekasi. Intruksi Kapolri Kampung Tangguh sebagai meminimalisir dan menetralkan maupun pengendalian virus covid 19 ini, untuk mencegah dampak  penyakit yang menakutkan bagi kehidupan Masyarakat.


Perwakilan Polsek Tambun. Yang diwakili oleh Wakapolsek. IPTU. Raup. Saat dikonfirmasi dilokasi kampung tangguh Rw.25. Mengatakan. Kami  perwakilan dari Polsek diperintahkan Pimpinan terkait kesiapan tim tangguh di Rw 25 terpercaya  , tapi memang ada tiga tampilkan dalam keamanan dalam bidang pangan dan kesehatan, dan kesehatan sudah zero untuk ketahanan pangan dan kita sama adanya tanaman yang bisa kita mengerahkan ekonomi, ya jadi nanti ada dasa pembakaran berupa Bank Sampah, yang dikelola sama Ibu Amel dan untuk lantaran dasar memang sudah berjalan, dan bagusnya kita monitoring juga, mungkin itu saja, kami dari pihak kepolisian dan dari Saya Terima Kasih, " Katanya kepada para wartawan.

 

Kepala Desa. Sumber Jaya. Matam. Mengatakan. Dengan adanya covid 19 ini, yang melanda di wilayah kita, jadi awalnya itu...! Sehingga ada kata dari adanya intruksi bahwa kita harus membuat kampung tangguh, yaitu dari kepolisian, hampir 1(satu) tahun kebelakang dari awalnya Desa ini.... .. Adanya masyarakat terpapar virus covid, sehingga bersama-sama masyarakat melaksanakan intruksi tersebut untuk menanggulangi virus ini, dan membangun perekonomian agar kita bisa. Mengatasi khususnya sendi-sendi ekonomi yang sering melanda semua aspek yang ada, jadi kami berikan suport dulu dukungan moril kepada pengurus Rw maupun Rt. Kira-kira siap nggak di suport dengan baik oleh pengurus dan kami  pun melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan kampung tangguh di Rw. 25 tersebut,  dan Rukun Warga (RW) 25 terdiri dari 8(delapan) Rukun Tetangga (RT)  dan tentang ketangguhan nya pun komplit ya ada...!? Ada tanaman yang semua mempunyai keunggulan dalam  rangka menanggulangi covid 19 , dan mengenai perumusan dibangunnya kampung tangguh ini, sesuai arahan yang diterima adalah 1(satu) tahun dari mulai maraknya virus covid dibulan Maret tahun 2020,"jelasnya kepada  Wartawan saat ditemui di lokasi Rw 25.


Hal senada yang disampaikan Ketua Rw. 25. Mujib. Bahwa kami punya visi misi Rw. 25 adalah  yang Bersinar, Energik, Religius, Sehat, serta Aman nyaman dan Tenang, untuk mewujudkan itu, kami mengatakan rapat disetiap Rt wajib dan program pertama adalah bersih dan indah saja  dalam penghijauan dan untuk itu perlu waktu 3(tiga) tahun proses dan tidak gampang, dalam 2(dua)  hingga 3 (tiga) tahun  dicuekin, pada tahun ke (empat)  dari itu boleh mulai ada penyadaran dan saya (Mujib-red) mau mengajak orang "bodoh amatlah dicuekin bahkan dimusuhin saat itu,  untuk menanam bunga,  kembang saya berbagai macam, dan ternyata orang-orang mulai tertarik..! Kemudian akan mengadakan lomba-lomba setiap bulan, akan selalu dilombakan, yang akhirnya sekarang tiap Rt berlomba-lomba  dan bukan hanya yang punya tanaman saja,  dengan adanya program blog ini, sudah mulai bertambah, apalagi ketika musim ini, dan untuk bisa mewujudkan   perlu dukungan semua pihak," Ceritanya kepada beberapa awak media.

"Disilain membangun keamanan lingkungan, misalnya, sebulan terjadi pencurian 3(tiga) hari ini,

Sudah 4 (empat) tahun baru sekali karena, menerapkan, sistem satu pintu  lagi dibeberapa Gang niat tadi gerak langkah kita semua itu, salah satunya dan kita menerapkan Hankamrata yaitu Sistem Keamanan  Rakyat Semesta, jadi semua orang di libatkan jadi tidak terlalu mengandalkan Security,"tegas Mujib.

 

Ketua UMKM Jelita 25 Dasawisma. Ati Gustiati Lubis yang lebih akrab dan familiar dilingkungan dipanggil ibu imel ( 52 tahun) .Mengatakan, ini sangat terbentur dengan perekonomian dan Apa sih yang dilakukan kegiatan kegiatan sehari-hari oleh ibu PKK khususnya di RW 25 ya Bu ya...!kegiatannya di masa pandemi kita warga khususnya dasawisma PKK justru semakin Solid....,semakin tumbuh 4 yang sangat luar biasa karena hampir sebagian separuh dari warga kami itu,  berpendapatan rendah dalam arti mereka guru harian apalagi semenjak pandem ini ada psbb sehingga mengurangi ruang lingkup dari warga kami yang untuk mencari rezeki kegiatan yang bisa kami lakukan adalah sudah berjalan serta gerakan UMKM  walaupun tetapi dengan pandemic ini, kami bertekad dasawisma khususnya yang mempunyai UMKM Kami sering mengadakan semacam market day bazar dengan tema Ayo beli dan Bella produk tetanggamu karena perekonomiannya biar berputar di sekitar kamu yang satu butuh sembako tidak perlu jauh-jauh karena di UMKM sudah tersedia sembako," Terangnya dengan semangat.

 

"terlebih kemarin di bulan puasa umkm itu berjalan Pak...!jadi kita nggak butuh keluar untuk membeli apapun kebutuhan jadi kita bela dan beli produk UMKM yang ada di lingkungan juga kita berpromosi buat keluar ada event seperti ini, kita angkat UMKM nya Pak dan begitu Jadi UMKM ini menambah penghasilan keluarga ya alhamdulillah di samping apa keadaan seperti ini dengan sampingan berjualan ibu-ibu di wadah UMKM pembantu di masa depan yang lebih menonjol dari dari hasil UMKM yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK ini, diantaranya UMKM yang pertama kami selain menjual produk-produk makanan dan non makanan kami juga menggunakan bahan lokal seperti ikan ternak lele kami pergunakan untuk di jual ada juga berupa lele pakan ,  tentu  berbahan dasar lele gitu Pak...?misalnya kayak nugget atau pecak lele ke depannya sih masih ada seperti abon lele yang pengolahan yang berbahan dasar lele itu, dan kami akan lakukan juga akan membuat semacam puding yang berbahan dasar dari lidah buaya dan kami tanam 4 di sini ada lidah buaya jadi tidak banyak berbeda ya Pak ya bukan yang biasa tapi yang ukuran besar, adapun juga kan tempat-tempat yang kami pergunakan untuk menanam singkong Singkong itu bisa diolah baik itu sayurnya maupun umbinya sendiri untuk bahan misalnya singkong Thailand, " Katanya penuh optimistis.

 

"kita ulang lagi pak dan kita jual kepada masyarakat peternak lele pun seperti itu Pak kita kadang-kadang mengadakan Jumat berkah khusus di hari Jumat ada anak muda yang berkreatif di ternak lele dan ia membagi-bagikan kepada khususnya keluarga kami yang terdampak covid 19," Tegasnya.

Lebih lanjut. Bu Imel.Menambahkan, untuk itu marketing itu penggagasnya dalam UMKM PKK RW 025 dan kami adakan event-event besar contoh seperti kemarin bulan puasa Lalu ada kunjungan pak camat. Juga kami buka sebagai promo dan ini tidak setiap bulan pak biar mengurangi rasa jenuh dan menimbulkan rasa kangen di masyarakat, " Tuturnya.

 "untuk kegiatan komplit ini ya buat masyarakat ini, dan sangat terbentur dengan perekonomian apa sih yang dilakukan kegiatan kegiatan sehari-hari oleh ibu pkk khususnya di Rukun Warga 25 ya bu ya iya gak.....!apa-apa bu kegiatannya disuruh didik masakan demi kita warga khususnya dasar wisma pkk disitu semakin solid semakin tumbuh 4 yang sangat luar biasa karena hampir sebagian separo dari warga kami gitu berpendapatan rendah dalam arti mereka guru harian apalagi semenjak Pandemi  sehingga mengurangi ruang lingkup dari warga kami...untuk mencari rejeki melalui kegiatan yang bisa kami lakukan adalah memo setuju tidak berjalan pak umkm tetapi dengan pendem ini kami bertekad asal Dasawisma khususnya yang mempunyai umkm kami sering mengadakan semacam market day bazar dengan tema ayo beli dan bella produk tetangga mu karena perekonomian nya biar berputar di sekitar kamu yang satu butuh sembako tidak perlu jauh-jauh karena di umkm tersedia sembako terlebih kemarin di bulan puasa ruang tamu, FamilyMart kami itu berjalan pak jadi kita nggak butuh keluar untuk membeli apapun kebutuhan jadi kita bella dan beli produk umkm yang ada di lingkungan juga kita buat promosi buat keluar," Jelas bu Imel.

 

( Rhagil. ASN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »