Akan Ciptakan Kampung Batik, Pengrajin Jatra Timur Ikuti Pelatihan Batik


 Pengrajin batik yang berasal dari Desa Jatra Timur saat mengikuti pelatihan teknis dasar pewarnaan batik di Hotel Panglima Sudirman (Foto: Alex/Naf)

Lpktrankonmasi.com, Sampang - Para pengrajin batik melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Jatra Timur, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang mengikuti pelatihan teknis dasar pewarnaan batik yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) setempat di Hotel Panglima Sudirman Kabupaten Sampang.

 

Dengan mengikuti pelatihan tersebut, para pengrajin batik yang berasal dari Desa Jatra Timur berkeinginan menciptakan kampung batik di Desanya, kebetulan Pemerintah Desa Jatra Timur sangat mendukung terciptanya Rabu (09/06/2021).

 

Perwakilan pengrajin batik Pemdes Jatra Timur, Rahmatul Fawaiz saat di wawancarai awak media di tempat pelatihan, mengatakan Pemdes Jatra Timur sudah membentuk UKM batik yang diberi nama Sataretanan Batik.

 

"Semula nama UKM nya Riskuna Batik, karena nama tersebut sudah lebih dulu di daftarkan hak paten oleh orang kediri, maka di ganti bama Sataretanan Batik," Ucap Wanita cantik yang akrab disapa Eva.

 

Perempuan berparas cantik tersebut juga mengatakan, sudah ada beberapa pengrajin batik berasal dari Desa Jatra Timur, juga sudah ada tempat pemesanan bagi pelanggan.

 

"Harga batik di Desa kami bervariasi, mulai dari 120.000 sampai dengan jutaan, tergantung dari motif, kwalitas kain dan warna. Kalau yang harganya jutaan rupiah itu namanya batik gentongan," Ungkap Eva kepada wartawan.

 

Menurut Eva Pemdes Jatra Timur mempunyai rencana pengembangan batik. Tujuannya untuk membentuk kampung batik yang akan di kemas sebagai wisata.

 

"Selain itu, juga ada pengembangan SDM dalam pengelolaan dan pembuatan batik, agar selaras dengan batik khas Sampang ialah batik ringkel," Jelasnya.

 

Eva juga berharap kedepannya banyak pengrajin batik di Desa Jatra Timur dan juga Desa-Desa tetangga yang ada di Kecamatan Banyuates sehingga bisa berkolaborasi dengan UKM Sataretan Batik, agar kedepan bisa lebih berkembang. Karena selama ini kita kekurangan pengrajin batik," Harapnya.

 

 

Sedangkan PJ Kepala Desa (Kades) Jatra Timur, Bambang Joko mengatakan, selesai pelatihan batik dari Sampang, kami punya program pengembangan batik di Desa. Agar nanti bisa menjadi kampung batik seperti yang kita harapkan.

 

"Mohon doa dan dukungannya terutama warga Desa Jatra Timur. Insyaallah tahun ini kami akan melaksanakan pelatihan batik di Desa Jatra Timur," Harap Bambang Joko Santoso.

 

Hal tersebut ditanggapi langsung oleh Suartini Kaptiati Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sampang melalui Sekretarisnya Barrul Alam," Semoga kampung batik di Desa Jatra Timur segera terwujud, kami yakin Desa Jatra Timur akan berhasil karena disana banyak perempuan yang kreatif seperti Eva insyaallah dia bisa mengkomandoi para pengrajin batik khususnya di Desa Jatra Timur. Sedangkan yang mengikuti pelatihan teknis dasar pewarnaan batik di Hotel Panglima Sudirman ada sekitar tujuh kelompok sesuai dengan pengajuan saat Musrenbang," Pungkasnya.

 

Sekedar diketahui, Pemerintah Desa (Pemdes) Jatra Timur mengirim tujuh orang dalam mengikuti pelatihan teknis dasar pewarnaan batik, meliputi Rahmatul Fawaiz, Nasiyah, Hj Zainab, Ririn Irona, Nafisa Emiliya Salwah, Aisyah Fitriani Supa'i, Zulfatul Qoriah. (Naf/Lex/Ries)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »