Warga Ketileng Indah RW XI RT 02 Semarang Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Rutin.


 

Semarang, Lpk.Trankonmasi.com

 

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar tidak meluas, Warga Perumahan Ketileng Indah RW 11 RT 02 Kelurahan Sendangmulyo, Tembalang melaksanakan penyemprotan disinfektan yang  dilakukan di lingkungan rumah masimg masing warga.

 

Hal ini dilakukan mengingat lonjakan penyebaran covid-19 di Kota Semarang mengalami angka kenaikan yang cukup tinggi akhir akhir ini setelah sebelumnya melanda di 8 kabupaten kota di Jateng.

 

Kota Semarang yang terdiri 16 kecamatan, khususnya  kecamatan Tembalang berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang menempatai urutan kedua tertinggi warganya yang terpapar covid-19 setelah Kecamatan Pedurungan.

 

Guna mengantisipasi penyebaran covid-19 Warga RT 02 RW XI melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.

 

Ketua RT 02, RW XI Kelurahan Sendangmulyo Semarang, Ahmad Rifai,S.Pd.M.Si mengatakan lonjakan penyebaran covid-19 di kecamatan Tembalang Semarang dimungkinkan banyak faktor, pertama  mobilitas sosial warga cukup tinggi berikutnya jumlah penduduknya sangat banyak," ucapnya.

 

Kedua, dari 12 kelurahan di wilayah Kecamatan Tembalang, Kelurahan Sendangmuyo saja jumalnya ada 32 RW apalagi ditambah Kelurahan yang lain. Hal ini

mencerminkan Kecamatan Tembalang jadi juara satu terpapar covidnya.

 

Kalau dibuat prosentase masih kecil dari jumlah 36 warga RW XI yang positip covid-19 di bagi jumlah penduduk Kelurahan Sendangmulyo ketemunya masih nol koma nol sekian persen kalau dilihat dari sisi jumlah penduduknya," ujar Rifai

 

" Untuk RW lain kami tidak tahu persis, namun khusus RW XI yang posisip 36 warga, artinya ini cukup tinggi apalagi.kalau kita dengan RW lain.

 

Warga yang positip covid-19 mayoritas isolasi mandiri untuk yang di rumah dinas sudah sembuh tinggal menunggu untuk pulang," tegas Rifai. saat diwawancarai awak media di pos penjagaan, Minggu malam ( 20/6/2021 ).

 

Hal senada ditambahkan Sekretaris RT 02, RW XI  Danang Tri Atmoko,S.Pd "Untuk penyemprotan disinfektan kita lakukan secara rutin setiap harinya dan kita jadwalkan mengingat yang terkonfirmasi positip cukup banyak," ujarnya.

 

"Penyemprotan kita jadwalkan dan buat tim untuk satu minggu penuh, per-hari sekitar 6-7 warga yang bertugas melakukan penyemprotan.

 

Terkait jogo tonggo yang digencarkan Pak Gubernur, kita laksanakan penuh. Jogo tonggo kita jamin, makan tiga kali sehari, bagi yang memerlukan obat kita supplay," terang Danang.

 

Menurutnya di RT 02 sendiri awal minggu bulan ini ada 12 warga yang positip covid sekarang sudah menurun tinggal 3 warga ada yang di rumdin ada juga yang isolasi lanjutan sampai dengan 10 hari kedepan , kita pastikan kalau mau beraktifitas kembali harus punya data swab negatif dari pasien," imbuhnya.

 

Danang menambahkan penyemprotan kita lakukan terus menerus sampai warga  tidak ada yang terpapar.

 


Terkait Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) sesuai aturan pemerintah kita laksanakan. Masalah keluar masuknya tamu dari luar apalagi disini ada kost kost an yang kelaur masuk kita wajibkan untuk mempunyai surat swab baru boleh masuk," pungkasnya.

 

Pada kesempatan sama Bambang Tardianto selaku warga yang bertugas penyemprotan mengatakan " Saya kebetulan malam ini yang tugas penyemprotan disinfektan di lingkungan RT 02

 

" Kami bertugas bersama enam warga setiap minggu malam. penyempeotan dilakukan setiap hari, mulai pukul 19.30 sampai selesai. Setiap harinya lanjutnya tiap tim 6-7 orang kebetulan jadwal saya minggu malam," tutupnya.

 

   # Taufiq.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »