Sosialisasi Bahaya Narkoba Kapolres Magelang :Miris !! Target Sasaran Siswa SD

 


MAGELANG, lpktrankonmasi.com

Bahaya narkoba menjadi momok bagi kemajuan bangsa dengan makin merebaknya peredaran Narkoba saat ini yang sudah memasuki ke pelosok desa dengan sasaran target anak usia Sekolah Dasar. Miris !!

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba ketika memberikan sosialisasi bahaya narkoba secara daring bagi siswa kelas X Angkatan XXXII SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2021/2022,Rabu(14/7/2021)Pagi.

 

" Narkoba sangat mudah masuk terutama saat ini melalui jalur laut dan sungai-sungai. Maka dari itu perlu kita waspadai bersama," kata Ronald

 

Selanjutnya, Kapolres juga menyampaikan tentang Definisi dan penggolongan Narkoba disamping tentang pengertian Narkoba, Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya.

 

Dirinya menyampaikan jika Sabu menempati peringkat pertama tingkat kejahatan Narkoba di wilayah Jawa Tengah.

 

" Ada 4 peringkat kejahatan narkoba di Jawa Tengah, pertama adalah Sabu, kedua Ganja, ketiga Extasy dan keempat adalah tembakau gorila," lanjutnya

 

Ronald yang sebelumnya  pernah bertugas di Bareskrim Polri menambahkan jika saat ini kesadaran untuk pulih dari pengguna Narkoba masih sangat rendah. Hal tersebut menjadi peluang untuk masuknya peredaran Narkoba.

 

Sementara menurutnya angka yang mencoba memakai dan memakai Narkoba secara teratur masih sangat tinggi.

 

" Untuk itu tidak lupa kami sampaikan, selalu tingkatkan iman kita kepada Tuhan YME, dan kuatkan mental kita untuk katakan tidak ketika ditawari Narkoba," harapnya.

 

Dirinya meminta kepada seluruh siswa yang mengikuti sosialisasi tersebut untuk meningkatkan prestasi demi terwujudnya cita cita demi masa depan tanpa Narkoba. Serta dirinya mengajak untuk selalu melakukan kegiatan - kegiatan yang positif untuk menjauhkan diri dari Narkoba.

 

"Saya berharap selama adik - adik bergabung di SMA Taruna Nusantara,  saya selaku senior di SMA ini, agar adik - adik menjadi gerbang emas dimasa yang akan datang dan harus lulus. Ikuti aturan kode etik di sini karena disini adalah tempatnya penggemblengan adik - adik menimba ilmu. Saya berharap agar adik - adik lulus dengan nilai yang terbaik." Pesan Kapolres

 

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kasatlantas Polres Magelang AKP Faris Budiaman, S.H., S.I.K yang juga merupakan alumni SMA TN,  Kasatresnarkoba Polres Magelang AKP Teguh Prasetyo, S.I.K., M.H, Wakasek Dik SMA Taruna Nusantara Drs Eddy Kusnadi, MPd.

 

Dengan merebaknya peredaran narkoba ke desa-desa, merupakan musuh bagi bangsa ini. Karena akan merusak masa depan bangsa, yang berefek samping sangat berbahaya baik untuk fisik maupun jiwa. Generasi muda terancam masa depannya. Generasi muda adalah pemegang tongkat estafet masa depan bangsa. Miris bukan ?

Bagi pengguna narkoba tidak menyadari efek buruk yang menghantuinya. Mereka hanya tergoda merasakan kesenangan sesaat sebagai pelarian dari permasalahan hidup yang dihadapinya. Padahal, efek narkoba bukan perasaan menenangkan yang bikin nagis saja.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang bahaya narkoba:

1.    Menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan

Narkoba dapat mengakibatkan efek sedative seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, tingkat kesadaran menurun, dan koordinasi tubuh terganggu. Bagi pecandu narkoba dapat berakibat kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah atau tidak nyambung saat diajak berbicara.

2.    Dehidrasi

Efek samping narkoba juga bisa memicu dehidrasi parah dan ketidak seimbangan elektrolit. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan penggunanya berujung pada serangan panik, halusinasi, sakit dada hingga kejang-kejang. Jangan diaggap remeh, efek samping ini jika berlangsung dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan otak.

3.    Merubah sel otak

Mengkonsumsi narkoba secara terus-menerus dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan sel otak. Beberapa jenis narkoba memaksa otak bekerja tidak semestinya. Otak dipaksa bekerja lebih cepat, tetapi menekan saraf pusat dan memaksa diri untuk lebih tenang. Lebih lagi, perubahan sel di otak akan mengganggu komunikasi antar sel saraf dan kerusakannnyabisa menjadi permanen. Bahkan, setelah konsumsi dihentikan pun penyembuhannya sampai bear-benar hilang akan memakan waktu yang lama.

4.    Mengganggu kualitas hidup

Penyalahgunaan narkoba yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan kualitas hidup. Bagi pengguna yang sudah kecanduan narkoba akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi demi memuaskan rasa nagih yang tidak tertahankan dari narkoba. Mereka pun akan merasa tidak nyaman, putus asa, dan ingin terus menggunakannya kembali.

Tentunya, perasaan tersebut akan memenjarakan jiwanya dan menyebabkan banyak masalah di kehidupan seperti putus sekolah, bermasalah di kantor, atau bertengkar dengan orang terkasih. Belum cukup sampai di situ, mereka juga umumnya mengalami kesulitan keuangan, hingga mesti berhadapan dengan kepolisian karena melanggar hukum.

5.    Kematian

Selain berbagai dampak negative, baik fisik, mental, dan social, bahaya narkoba yang paling mengerikan adalah dapat menyebabkan kematian. Kehilanganyawa bisa disebabkan karena kejang-kejang yang berujung kematian, overdosis, atau frustasi sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

 

Jika terus dibiarkan akan semakin banyak orang terkasih dan penerus bangsa yang kehilangan masa depannya akibat penyalahgunaan narkoba.

 

Miris !! Generasi muda ingat masa depan bangsa ini ada di tanganmu.

 

(Mgl Trankonmasi Tim)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »