Penemuan Batu Timbang Peninggalan Penjajahan Jepang di Desa Marparan Sreseh Sampang Masih Kokoh

 

Batu Timbang Peninggalan Penjajahan Jepang Terletak di Desa Marparan, Sreseh, Sampang (Foto: Rossi Biro Sampang)



Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Telah ditemukan batu timbang yang berbentuk berdiri di tengah persawahan tepatnya di utara Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Rabu (01/09/2021)


Batu timbang itu selama ber-tahun-tahun masih kokoh dan masih kuat. Di mana batu timbang tersebut, adalah suatu batu yang menurut ketarangan masyarakat kuno hingga masyarakat modern di Desa Marparan adalah suatu peninggalan sejarah di era penjajahan Jepang.


Sehingga sawah yang berada di dekat batu timbang ini dinamakan persawahan batu timbang. Dan setelah awak media lpktrankonmasi.com mewawancarai terkait tentang batu timbang tersebut, terhadap penduduk Desa Marparan. Menurut keterangan sejarah masyarakat kuno hingga masyarakat modern yang ada di Desa Marparan, itu adalah tempat menimbangan hasil rampasan Jepang terhadap hasil pertanian di Desa Marparan dan ditimbang di situ," ungkap salah satu penduduk.


"Batu timbang ini dilihat sangat biasa dan mirip seperti pembatas jalan raya. Akan tetapi, batu timbang ini adalah suatu batu sejarah lama yang berada di Desa Marparan Sreseh, Sampang. Hingga menjadi suatu ingatan sejarah masyarakat bangsa Indonesia bahwasanya penjajahan Jepang itu sangat kejam, meskipun hanya sebentar. Yaitu, selama tiga tahun setengah yang di kenal dengan Nipon menurut keterangan orang desa Marparan," tukasnya. (Rossi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »