Desa Maraparan Sreseh Sampang Alami Kekeringan Dan Krisis Air Bersih


Embung air di Pulau Marparan, Sreseh, Sampang Terlihat Gersang Akibat Kemarau Yang Sangat Panjang (Foto: Rossi)


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Ujung musim kemarau pada pertengahan Oktober 2021, banyak sekali di setiap daerah mengalami kekeringan. Serta sumber mata air yang sudah kering, seperti yang terjadi di penampungan air (embung air) mengalamk kekeringan yang terletak di Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Sabtu (16/10/2021)


Berdasarkan pantauan media ini, penampungan air di Desa Marparan adalah penampungan air untuk mewadahi air ketika musim hujan. Penampungan air ini dikeruk, yang dibuat oleh sesepuh terdahulu di Desa Marparan. 


"Saat ini masyarakat Desa Marparan sudah tidak bisa Mengambil air di penampungan tersebut, di saat penampungan air di rumah-rumah sudah habis," ungkap salah satu warga.


Menurutnya, apabila musim kemarau ini panjang maka warga Desa Marparan sangat sulit untuk mencari air.


"Karena Desa Marparan ini adalah suatu pulau yang di kelilingi oleh sungai dan air yang ada di sungai tersebut asin, soalnya aliran air dari laut timur," jelasnya.


Masyarakat Pulau Marparan berharap, agar pemerintah bisa mengantisipasi terhadap suatu desa yang sudah mulai kekeringan, khususnya di Marparan, kecamatan Sreseh. Karena dikhawatirkan sewaktu-waktu musim kemarau ini sangat panjang dan tidak turun hujan, warga Desa Marparan tidak bisa mengkonsumsi air bersih otomatis akan berdampak terhadap kesehatan," pungkasnya. (Rossi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »