Polres Magelang Sukses Kawal Pengamanan Ajang Internasional Mesa Stila 100 K


MAGELANG, lpktrankonmasi.com


Lomba lari lintas alam yang bertajuk Mesa Stila 100 K sukses digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (09-10/10/2021). Kegiatan olahraga ini dilaksanakan di wilayah Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pengamanan penuh ajang lari internasional ini sukses dilakukan oleh Polres Magelang.


Demikian disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K., Minggu (10/10/2021). Dikatakan untuk pengamanan penuh kegiatan lari lintas alam tersebut Polres Magelang menerjunkan 120 personel selama kegiatan yang berlangsung dua hari itu.


Adapun jumlah peserta Mesa Stila 100 K tersebut sebanyak 461 pelari, terdiri dari 424 pelari Indonesia dan 37 pelari mancanegara dari 15 negara. Yaitu Australia, Belgia, Brazil, Canada, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Swiss, Belanda  India, Jerman, Denmark, Jepang, dan Spanyol.


“Mesa Stila 100 K ini merupakan Trail dan Ultra Running sebagai tujuan wisata sport tourism Indonesia dan Provinsi Jawa Tengah pada khususnya,” jelas Kapolres Sajarod.


Selain itu  lanjutnya, kegiatan ini juga dalam rangka mempromosikan wisata gunung sebagai tujuan wisata olahraga Jawa Tengah. Serta mengenalkan Mesa Stila Peaks Challenge sebagai kualifikasi lomba lari trail di Perancis (The Ultra Trail du Mont Blanc/UTMB).


“Juga sebagai anggota International Trail Running Association atau INTRA,” lanjut Sajarod.


Pada hari pertama Sabtu (09/10/2021) dilaksanakan satu kategori yang dilombakan, yaitu Kategori 120 K yang diikuti oleh 45 pelari, terdiri dari 1 pelari WNA dan 44 pelari WNI. Kemudian hari kedua Minggu (10/10/2021) dilaksanakan empat kategori lainnya, Kategori 75 K, Kategori 50 K, Kategori 25 K, dan kategori 12 K.


Untuk Kategori 75 K diikuti 64 pelari masing-masing 5 WNA dan 59 WNI. Pada Kategori 50 K diikuti 119 peserta, yaitu 10 WNA dan 109 WNI. Kemudian Kategori 25 K yang diikuti 142 pelari, terdiri dari 15 WNA dan 127 WNI.


“Kategori 12 K diikuti oleh 6 pelari WNA dan 85 pelari WNI, total 91 peserta,” katanya.


Dalam penyerahan hadiah lomba lari Mesa Stila 100 K dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Dalam sambutannya Sandiaga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Mesa Stila 100 K yang diadakan di masa pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat. Juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan anggotanya yang telah mengamankan jalannya lomba sehingga berjalan dengan aman.


“Kita tingkatkan pariwisata berbasis alam olahraga karena juga bisa menggerakkan ekonomi serta membuka lapangan kerja. Kegiatan ini menjadi pelajaran juga untuk event selanjutnya, yaitu Jakarta Marathon dan Borobudur Marathon,” kata Menparekraf.


Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 073/MKT Salatiga Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M., Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos., M.Tr (Han). Juga PJU Polres Magelang dan GM Mesa Stila Resort and Spa Sugeng Sugiantoro.



Dari Pemerintah Kabupaten Magelang hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Iwan Sutiarsa, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husen. Serta Forkopimcam Grabag dan para peserta lari dari semua kategori.


(Trankonmasi Tim)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »