Pasar Ternak di Tlagah Sampang Mulai Dikunjungi Puluhan Pedagang

 


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Puluhan pedagang sapi dari berbagai daerah, mulai berdatangan untuk melakukan aktivitas jual beli sapi dan juga kambing di pasar ternak yang baru di buka Minggu lalu di Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Kamis (04/11/2021)


Pasar ternak yang baru dibuka di Desa Tlagah tersebut, beroperasi setiap hari Rabu. Kini pasar ternak tersebut mulai dikunjungi oleh pedagang dari berbagai daerah, karena letaknya sangat strategis dan struktur tanahnya sangat mendukung.


Chotibul Umam, S.Pd saat dimintai keterangan oleh wartawan menjelaskan, memang dari dulu kami berencana mendirikan pasar ternak. Alhamdulillah sekarang pada tahun 2021, impian saya selaku pemimpin desa tercapai. Mendirikan pasar ternak tersebut," ungkapnya.


Menurut dia, pedagang-pedagang sapi sukses, mayoritas warga Desa Tlagah. Jadi kalau di Desa Tlagah dibuka pasar ternak, mereka para pedagang tidak usah beli sapi keluar. Cukup beli sapinya di pasar ternak Tlagah, Banyuates saja.


"Sementara tidak dikarcis, karena kami belum membuat Peraturan Desa (Perdes). Tapi dua hari yang lalu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Sampang, sudah mengecek lokasi, dan secepatnya Perdes akan diproses dan segera diselesaikan," ujarnya.


Dia juga menambahkan, kalau Perdes nanti sudah selesai rencana akan dikarcis dengan besaran 10.000 untuk penjual sapi dan 5000 untuk penjual kambing. Supaya ada Pendapatan asli Desa (PaDes), yang nantinya hasil karcis tersebut akan kembali ke masyarakat. Tentunya, untuk pembangunan desa serta bantuan-bantuan sosial terhadap warga yang tidak mampu," tambahnya.


Ia juga menyebutkan, dengan adanya pasar ternak ini, warga sekitar bisa bekerja serta berjualan. Seperti menjaga lahan parkir dan juga berjualan makanan-makanan ringan di dekat pasar ternak tersebut. Mohon doanya kepada seluruh warga Desa Tlagah, mudah-mudahan perputaran ekonomi di pasar ternak tersebut berjalan dengan lancar serta aman," pungkasnya. (Ries/Naf)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »