PJS Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik di SMPN 1 Banyuates Sampang

 



Asosiasi Persatuan Jurnalis Sampang, Saat Menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik di SMPN 1 Banyuates, Sampang, Madura (Foto: Hanafi) 


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Asosiasi wartawan Persatuan Jurnalistik Sampang (PJS), bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sampang. Menggelar pelatihan dasar jurnalistik di SMPN 1 Banyuates, Sampang, Madura, Sabtu (27/11/2021)


Pelatihan dasar jurnalistik tersebut bertema "Cerdas Literasi Untuk Sampang Hebat Bermartabat" dan pelatihan tersebut. Dihadiri oleh seluruh anggota Persatuan Jurnalis Sampang (PJS) dan juga sekitar 70 murid SMPN 1 Banyuates.


Ketua PJS, Faris Reza Malik, mengatakan, acara tersebut diprakarsai oleh PJS yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sampang. Ia mengaku jika safari jurnalistik merupakan bagian dari program rutinitas PJS. 



"Komitmen kami untuk mengajak para generasi muda di Kabupaten Sampang untuk mengenal dasar-dasar jurnalistik dan bisa menumbuhkan iklim literasi saat ini," kata Faris.



Ada 3 point penting yang menjadi pembahasan dari acara safari jurnalistik. Pertama, tentang kiat-kiat dan motivasi menulis. Pembahasan ini menekankan tentang betapa pentingnya menjadi penulis bagi generasi muda. Kedua, membahas tentang cerdas bermedia sosial dengan harapan agar para siswa bisa membedakan antara informasi yang benar-benar terjadi dengan berita bohong. 



"Tanpa disadari banyak siswa dan generasi muda saat ini yang mudah termakan berita bohong lantaran minimnya kroscek dan ricek terhadap kebenaran informasi," jelas Faris.



Selain itu, PJS juga mengenalkan para siswa tentang dasar-dasar jurnalistik dan beragam macam tulisan seperti, berita, artikel, dan features. Para siswa yang sudah mengikuti acara pelatihan dasar jurnalistik, nantinya akan dibimbing melalui virtual dan group whatsapp untuk mendapatkan pelatihan yang lebih intens.  Acara ini akan berlanjut ke beberapa sekolah lainnya," ucap Faris.


Sementara itu Budi Santoso, Kepala Sekolah SMPN 1 Banyuates sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan dasar jurnalistik yang digelar di SMPN 1 Banyuates.


"Belum tentu sekolah menengah lain. Mendapatkan ilmu-ilmu dasar jurnalistik, jadi kalian semua harus bersyukur. Karena, Persatuan Jurnalis Sampang telah memilih SMPN 1 Banyuates untuk melaksanakan kegiatan safari jurnalistik-nya," kata Budi saat sambutan di hadapan siswa-siswi yang mengikuti pelatihan tersebut.


Budi Santoso juga menambahkan, sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak. Dan saya titip murid-murid tolong dijelaskan kepada mereka semua, cara ber media sosial baik dan benar," imbuhnya.


Setelah itu dilanjut acara berikutnya, ialah motivasi dalam menulis. Yang disampaikan oleh Hoirur Rosiqin wartawan Lpktrankonmasi.com, berikutnya adalah tentang cerdas bermedia sosial yang disampaikan langsung oleh Imron salah satu wartawan MaduraPost yang juga Sekretaris PJS.


Serta yang terakhir, ialah tentang dasar-dasar jurnalistik dan beragam macam tulisan seperti, berita, artikel, dan features. Disampaikan langsung oleh Hasibuddin jurnalis Pojok Suramadu.


Setelah tiga pemateri selesai memberikan arahan, tiba-tiba salah satu siswi dengan lantangnya mengajukan pertanyaan, apakah kakak pemateri senang dengan profesi jurnalis. Dan apakah kakak-kakak PJS pernah merasa takut saat menjadi seorang jurnalis," tegasnya. (Naf/Sur/Lex)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »