Gempa di Maluku Barat Daya Rusak Puluhan Rumah Warga




MALUKU, Trankonmasi.com


Puluhan rumah warga yang berada di dua desa di Kecamatan Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) rusak diguncang gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.


Puluhan rumah warga yang mengalami keruskaan itu berada di Desa Illih dan Desa Bebar di Kecamatan Damer.


Gunjangan gempa yang sangat kuat getarannya itu terjadi pada Minggu (12/12/2021) dini hari sekira pukul 00.29 WIT. Gempa berada pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut. Belum diketahui apakah bencana gempa ini merenggut korban jiwa maupun luka.


Data sementara 21 rumah warga mengalami kerusakan,” kata Sekretaris Daerah MBD Alfons Siamiloy kepada Trankonmasi.com via telepon seluler, Senin (13/12/2021).


Dia merinci dari 21 rumah warga yang rusak itu, sebanyak 13 rumah warga di dusun Bebar Barat mengalami kerusakan berat dan enam rusak ringan. Adapun di Desa Illih dua rumah warga mengalami kerusakan sedang.


Untuk di dusun Bebar Timur kalau tidak salah ada enam rumah. Tapi kondisi cuaca sangat buruk di sana hingga menyebabkan gangguan internet. Jadi kita belum dapat laporan lengkap,” kata Alfons.


Menurut Alfons terkait kejadian itu, dia telah memerintahkan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) MBD untuk segera mendatangi lokasi bencana melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan tanggap darurat.


Saya sudah perintahkan BPBD untuk turunkan tim ke lapangan untuk identifikasi. Dan pastikan kerusakan yang terjadi termasuk nilai kerugiannya,” ujarnya.(JS)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »