Penemuan dan Evakuasi Jenazah Korban Banjir Lahar Dingin di Hulu Sungai Bebeng



MAGELANG, lpktrankonmasi.com


Polsek Srumbung bersama.petugas gabungan berhasil mengevakuasi korban banjir lahar dingin pada Selasa (07/12/2021) pukul 11.30 WIB di alur hulu sungai Bebeng Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Mayat yang berhasil dievakuasi diidentifikasi merupakan korban banjir lahar dingin yang terjadi pada hari Rabu (01/12/2021). 


Demikian disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K. melalui Kasihumas Iptu Abdul Muthohir. Dikatakan setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan selama 7 hari akhirnya korban dapat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.


Proses evakuasi dilakukan bersama petugas gabungan TNI Polri, Basarnas dan relawan sekitar 15 orang, selanjutnya korban dibawa ke RSUD Muntilan. 


Hasil Identifikasi oleh unit Inafis Satreskrim dan tim dokter RSUD Muntilan mayat yang berhasil dievakuasi adalah korban banjir lahar dingin yang terjadi pada hari Rabu(10/12).



 "Identitasnya mayat adalah Hendri Susanto, kelahiran Semarang 07 November 1992, agama Islam, pekerjaan swasta, warga Pagersari RT 04/02 Kelurahan Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Hal tersebut dikuatkan oleh sidik jari, pakaian yang ditemukan dan keterangan keluarga,” terang Muthohir.


Kapolsek Srumbung AKP Sumino, S.Sos, M.M. menjelaskan kronologi ditemukannya korban arus lahar dingin tersebut. Adapun yang melihat pertama kali adalah Saksi 1, Ajib (34) warga Dusun Trolikan, Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.


Dijelaskan Sumino, sewaktu Saksi 1 sedang menambang pasir secara manual dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter mencium aroma tidak sedap. Karena merasa curiga kemudian saksi menggali lebih dalam lagi untuk mencari sumber aroma. 


“Kemudian setelah digali lebih dalam Saksi 1 melihat kain warna biru. Setelah dipastikan ternyata adalah bagian tubuh manusia,” jelas Sumino.


Dengan adanya hal tersebut Saksi 1 melaporkan ke Saksi 2, Nida Nur Afandi (38) warga Dusun Srumbung Krajan, Desa/Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Saksi 2 kemudian meneruskan atau melaporkan ke Kapolsek Srumbung.



“Atas laporan tersebut Petugas Polsek Srumbung dan unit INAFIS  Satreskrim Polres Magelang yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Sumino, S.Sos, M.M. meluncur ke lokasi untuk melakukan evakuasi,” terang AKP Sumino.


(Trankonmasi Tim)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »