SMAN 4 Semarang Gelar IHT Peningkatan Profesional Guru dan Kinerja Karyawan

 


SEMARANG TRANKONMASI.COM


Guna meningkatkan penjaminan mutu pendidikan di era milenial menuju abad 21, serta meningkatkan kualitas tenaga pendidik menuju era digital industri 4.0, SMA Negeri 4 Semarang menggelar In House Training (IHT)  dengan tagline 

Peningkatan Profesionalisme Guru dalam merancang Penilaian Autentik dan Menggunakan Classpoint sebagai media Pembelajaran In teraktif yang Ramah Anak di Era Pandemi serta Peningkatan Kinerja Karyawan SMA Negeri  Tahun Pelajaran 2021/2022

yang dilaksanakan di Aula Utama  SMAN 4 Semarang, jalan Karangrejo Raya 12A, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Senin (21/12/2021).


In House Training (IHT) digelar selama dua hari,   selasa dan rabu , 21– 22 desember 2021 diikiti 56 guru dan 19 karyawan SMA Negeri 4 Semarang. Materi pada hari pertama meliputi Merencanakan penilaian autentik yang sesuai dengan kompetensi dan prinsip prinsip penilaian pada sekolah ramah anak di era pandemi yang disampaikan oleh Dra. Anni Prabandari,M.Pd dilanjutkan dengan Praktik penilaian autentik yang sesuai dengan kompetensi dan prinsip prinsip penilaian.


Pada hari kedua rabu, 22/12/2021 dengan materi Sosialisasi kebijakan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 terkait dengan sekolah ramah anak di era pandemi dilanjutkan dengan materi Penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif.


Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu, M.Pd dalam sambutannya menuturkan kegiatan IHT ini diselenggarakan sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawan  karena sangat penting sebagai salah satu dari Continous Profesional Development (CPD) yang harus senantiasa dilakukan oleh guru dan karyawan untuk menjaga kualitas," tuturnya.


Lebih lanjut Eny mengatakan tujuan IHT ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan optimalisasi guru agar dapat merencanakan penilaian autentik sesuai prinsip prinsip penilaian di era pandemi serta menumbuhkan komitmen profesional guru SMAN 4 Semarang dalam meningkatkan penguasaan kurikulum di era pandemi.yang ramah anak," terang Eny.



Selanjutnya untuk meningkatkan pengetahuan kemampuan dan ketrampilan kata Eny, dalam pengelolaan pembelajaran yang ramah anak di era pandemi sesuai Rencana Program Pengajaran (RPP) yang disusunnya.


Dia menambahkan maksimalisasi penggunaan classpoint dalam pembelajaran dengan meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam penguasaan IT bagi karyawan dan dapat mengaplikasi hasil kegiatan kepada peserta didik dengan harapan dapat bermuara pada mutu pendidikan.


"Kegiatan IHT ini kami laksanakan sebelum masuk semester genap agarbketika.memasuki semester genap sudah mempunyai gambaran dan pedoman yang dapat digunakan sebagai acuan kegiatan pelaksanaan pembelajaran semester genap. Kegiatan IHT ini ada produk yang dihasilkan semoga IHT ini dapat menambah ilmu dan wawasan bapak/ibu guru dan karyawan SMA Negeri 4 Semarang," tutup Eny.


Sementara Pengawas SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Anni Prabandari,M.Pd salah satu nara sumber saat menyampaikan materi merencanakan penilaian autentik yang sesuai dengan kompetensi dan prinsip prinsip penilaian, memaparkan bahwa penilaian pendidikan terdiri atas Pemerintah terkait dengan Asesmen Nasional kemudian  Satuan Pendidikan yang terdiri atas  Penilaian Akhir Sekolah (PAS) , Penilaian Akhir Tahun (PAT) serta Ujian Sekolah (US).


"Untuk pendidik meliputi penilaian harian, penilaian tengah semester,penugasan, pengamatan. Sedangka  prinsip prinsip penilaian harus valid, bersifat mendidik serta sebagai penghargaan untuk memotivasi siswa yang berhasil dan sebagai pemicu semangat untuk meningkatkan hasil belajar secara berkesinambungan ," papar Anni


Lebih lanjut Anni menjelaskan terkait lingkup penilaian dari sisi Pemerintah untuk menilai Satuan Pendidikan berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar.


Menurutnya Kalau dari Sekolah untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran, sedangkan bagi Pendidik untuk memantau dan mengevaluasi proses kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan," tutup Anni.


Dalam kegiatan IHT nara sumber yang memberikan materi diantaranya Sunarto,S.Pd.M.Pd selaku Kacabdin Wilayah 1 Jateng, Dra. Anni Prabandari,M.Pd (Pengawas SMA Kota Semarang), Drs. Moch. Ansori (SMAN 2 Semarang), Suyanto,M.Pd (SMAN 4 Semarang) serta Suparmi,SE.MM (Plt. Ka TU SMAN 2 Semarang).


  &Taufiq








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »