Binda Maluku Dukung Upaya Capai Target 70 Persen Vaksinasi di Tual

 


Tual-Trankonmasi.com

Komitmen Binda Maluku untuk melaksanakan arahan Presiden dalam capaian vaksinasi 70 persen di Provinsi Maluku terus dilakukan dengan cara koordinasi intens dengan berbagai pihak,  memberikan dukungan vaksin, serta  dukungan sumber daya manusia melalui penempatan tim vaksinator Binda Maluku untuk bekerja sama dengan Dokkes Polda Maluku, yang kemudian di tempatkan di Kabupaten/Kota di Maluku, termasuk di Polres Tual.


Kegiatan kerjasama vaksinasi Binda Maluku dan Polres Tual dalam rangka mencapai target 70 persen vaksinasi di Kota Tual, diselenggarakan secara rutin setiap hari di Gerai Vaksin Polres Tual dengan target capaian sebesar 250 orang per hari.


Berdasarkan data dari KPC-PEN, presentase capaian vaksinasi di Kota Tual per tanggal 14 Januari 2022 sebesar 55 persen. Capaian ini masih perlu ditingkatkan sampai 70 persen agar herd community dapat tercapai.


Upaya merangkul warga yang belum divaksin  tak henti dilakukan oleh setiap personel Polres Tual. Hampir setiap hari Polres Tual turun ke kampung-kampung untuk pemetaan sekaligus memfasilitasi kendaraan kepada warga yang belum vaksin dengan antar jemput ke Gerai Vaksin, serta terdapat pula tim vaksinator yang menyelanggarakan vaksin dari rumah ke rumah.



Upaya mencapai target 70 persen memang tidak mudah karena masih ada berbagai kendala yang ditemui di lapangan, khususnya bagi tim vaksinator Dinas Kesehatan Kota Tual saat turun ke pulau-pulau. Di samping faktor geografis, faktor ketersediaan listrik dan jaringan internet yang terbatas juga menjadi tantangan bagi tim vaksinator Dinas Kesehatan Kota Tual. Serta masih ada sebagian masyarakat yang percaya berita hoax terkait vaksin sehingga mereka takut divaksin, padahal vaksin terbukti aman dan halal.

“Diharapkan masyarakat agar segera vaksin agar kekebalan komunal dapat tercapai. Jangan takut vaksin karena vaksin itu aman dan halal”, ujar dr. Gilbert Sulivan, seorang Tim Vaksinator yang juga dokter Binda Maluku.


Disampaikan oleh dr. Gilbert juga bahwa meskipun sudah divaksin, masyarakat tetap perlu menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan tidak bergadang

Di samping itu, sampai saat ini belum ditemukan cara untuk dapat mengendalikan penyebaran virus covid-19, kecuali vaksin.tutupnya. (JS)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »