Lomba Senam Iringan Musik Jatilan

 


Sleman, lpktrankonmasi.com

Tergolong aneh dan unik, lomba senam yang diselenggarakan oleh seorang anggota DPRD Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suryono di Desa Wisata Ketingan, Kalurahan Tirtoadi, Kapnewon Mlati, Minggu (16/ 1/2022) mendapat perhatian banyak orang. Sebab, lomba senam ini menggunakan iringan musik kesenian jatilan, dan seluuruh peserta memakai pakaian aneka kesenian tradisional. 


Menurut Suryono, dalam lomba senam ini, gerakan maupun iringanya merupakan hasil kreasi para peserta lomba. Setiap kelompok terdiri dari delapan orang dan diberi kesempatan pentas antara 6 hingga 8 menit.  Sedang kriteria penilaiannya meliputi wirogo, wiroso dan wiromo.   


“Lomba senam dengan iringan musik kesenian tradisional jatilan ini baru yang pertama kalinya di gelar dan pesertanya masih dibatasi untuk wilayah kapanewon Mlati dan Gamping,” kata ketua panitia yang juga penggagas lomba senam, Suryono.    


Sedang tujuanya, selain untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, lomba senam iringan musik jatilan yang mendapat dukungan penuh dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DIY ini, juga untuk melestarikan seni budaya sekaligus untuk membangkitkan UMKM  dan pembangunan sektor wisata, dengan harapan perekonomian warga yang terpuruk dampak pandemi covid-19 dapat  segera pulih kembali. 


seorang peserta lomba, Bunga Isnawati mengaku senang adanya lomba senam dengan iringan musik jatilan ini. Sebab, selain unik dan dapat menyehatkan badan, lomba ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya tinggalan nenek moyang. Selain itu, juga berfungsi untuk menggeliatkan usaha kecil dan menengah setelah terpuruk karena adanya pandemi covid-19 yang berkepanjangan ini.


“Dengan adanya lomba senam iringan musik jatilan dengan pakaian kesenian tradisional, menjadikan banyak peserta yang harus pinjam kostum ke berbagai persewaan pakaian kesenian, sehingga para jasa sewaan pakaian kesenian menjadi memiliki pemasukan,” kata Bunga Isnawati berbunga-bunga. 


Sementara ketua DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman mengapresiasi penggagas lomba senam iringan musik jatilan ini. Selain indah dan menarik perhatian banyak orang, senam dengan iringan musik jatilan ini juga memiliki banyak makna yang memberi nilai positif bagi masyarakat luas. 

 

“Oleh karena itu, saya berharap, lomba senam iringan musik jatilan ini bisa dilaksanakan sampai ke  tingkat kabupaten, dan nantinya DPD Partai Golkar DIY juga akan menggelar lomba senam seperti ini sampai ke tingkat provinsi.                                                            

(Ali yusup)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion