"Prosesi Siraman" Mewarnai Upacara Kenaikan Pangkat Polres Magelang

 


MAGELANG, lpktrankonmasi.com - Sejumlah personil Polres Magelang mendapatkan kenaikan pangkat. Proses kegiatan tersebut dilakukan dalam Upacara Laporan Kenaikan Pangkat Personil Polres Magelang, Senin 03/01/2021 pagi di halaman Mako Polres Magelang.


Ada yang sedikit berbeda dari kegiatan upacara kenaikan pangkat sebelumnya. Kali ini, dalam proses upacara kenaikan pangkat, Kapolres Magelang menyiramkan air bunga kepada setiap personil yang menerima kenaikan pangkat tersebut.


" Air kembang ini kan melambangkan kebersihan secara tradisi ya. Harapannya nanti anggota dapat mengemban tugas dengan bersih dan tanggung jawab," kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K.


Satu per satu anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat menerima siraman air kembang dari dalam wadah dari Kapolres Magelang dengan menggunakan sebuah gayung.


Kenaikan pangkat itu rutin dilakukan setiap tanggal 1 Januari, diberikan kepada anggota yang telah memenuhi persyaratan untuk kenaikan pangkat.


" Anggota yang sudah memenuhi persyaratan, mendapatkan anugerah pangkatnya dinaikkan satu tingkat lebih tinggi daripada sebelumnya," lanjutnya.


Dijelaskan Kapolres, total sebanyak 82 anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat yang terbagi menjadi dua yaitu Perwira dan Bintara. Kenaikan pangkat dimulai dari pangkat Brigadir 1 sampai Ajun Komisaris Polisi.


" Perwira ada sekitar 24 personil sisanya adalah dari Bintara," ungkapnya.


Kapolres Berharap, dengan kenaikan pangkat yang diterima  personil yang bersangkutan akan menjadi lebih amanah mengemban tanggung jawab yang lebih tinggi daripada sebelumnya.


Ketika disinggung terkait kenaikan angka lakalantas yang naik sebesar 0,4 persen di tahun 2021, Sajarod menegaskan jika di tahun ini (2022) pihaknya akan lebih memaksimalkan kegiatan sosialisasi dan kegiatan penegakan pelanggaran lalulintas.


" Karena begini, awal terjadinya lakalantas itu dari terjadinya pelanggaran lalulintas. Kita terus akan lakukan sosialisasi terutama untuk usia sekolah," tandasnya.


(Trankonmasi Tim)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »