Peringati Usia 100 Tahun, PSHT Cabang Sampang Gelar Donor Darah

 


Lpktrankonmasi com, SAMPANG - Dalam rangka memperingati usia seratus tahun. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Sampang menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah di Puskesmas Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (28/02/2022).


Ketua PSHT Cabang Sampang, Hanafi menyampaikan, peringatan 1 abad PSHT diisi dengan kegiatan donor darah serentak secara nasional.


"Sekitar 55 warga PSHT berikut keluarganya terlibat kegiatan donor darah,” kata Hanafi.


Hanafi juga berencana kegiatan yang baru pertama kali ini, akan dilaksanakan rutin dalam periode waktu tertentu. Pihaknya berharap darah yang disumbangkan mendukung pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam hal penyediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Jadi, kegiatan ini sekaligus mengajarkan bentuk sosial warga PSHT. Selain berlatih bela diri, juga menghadirkan sifat peduli antar sesama, salah satunya yakni donor darah,” jelasnya.


Menurut Hanafi, selain untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga PSHT dan masyarakat sampang, donor darah adalah tindakan mulia yang bisa menyelamatkan jiwa manusia. Ke depan kegiatan ini rencananya akan menjadi agenda tahunan.


“Kami berharap, dengan menyambut usia ke-100 tahun atau 1 abad PSHT, kami selalu bisa memberikan sumbangsih untuk negeri ini, khususnya di wilayah Kabupaten Sampang, baik melalui kegiatan sosial serta kegiatan lainnya,” ungkapnya.


Dia juga menambahkan, dalam pelaksanaan donor darah PSHT Cabang Sampang, pihaknya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan disupport oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Telaga Biru, Bangkalan.


"Terimakasih kepada PMI Sampang dan PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Telaga Biru, Bangkalan yang telah mensupport kegiatan PSHT Cabang Sampang ini," imbuhnya.


Sementara Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sampang, Bhakti Setyo melalui staf Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela (P2DS), Ahmad Romadhon mengharapkan, dari kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Semoga bisa disumbangkan kepada pasien-pasien yang membutuhkan darah seperti yang mengalami kecelakaan dan menjalani operasi," ucapnya. 


Menurut Romadhon, PSHT Cabang Sampang merupakan salah satu perguruan yang berada di Kabupaten Sampang, yang pertama kali menggelar kegiatan Donor Darah.


"Semoga perguruan lain juga bisa meniru gerakan kemanusiaan yang dilakukan PSHT Cabang Sampang ini," pungkasnya. (Asur)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »