*Deklarasi dan Pelantikan FWJ Indonesia Korwil.Bekasi. Kabupaten Masa Bakti 2022-2025. Berjalan Lancar, Sukses, dan Khidmat*


*Kabupaten Bekasi - Trankonmasi.com*

 Dalam rangka deklarasi dan pelantikan Pengurus Forum Watawan Jakarta (FWJ) Indoneia. Kordinator Wilayah. Kabupaten Bekasi,    berjalan Lancar, Sukses dan khidmad, adapun tamu yang hadir dalam acara tersebut, diantaranya ;  Pejabat Muspida, Muspika serta Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM , ormas dan para Jurnalis Kabupaten Bekasi maupun yang dari luar kota yang antusias mendukung terbentuknya Wadah para wartawan, untuk menjadi sebuah perkumpulan pena edukasi yang sejati dan profesional dan anti berita bohong dan hoax yang dapat dipercaya oleh masyarakat, dan FWJ Indonesia Bekasi Kabupaten diwujudkan sebagai lumbung pengaduan dan Menyampaikan. Aspirasi masyarakat  Kabupaten Bekasi. 

Laporan Panitia/Penyelenggara. Rosmauli dalam sambutanya menyampaikan. 

"Kami atas nama Penyelengara dan/atau Panitia acara deklarasi ini, mengucapkan kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini, pertama terima kasih kepada semua pengurus dan panitia ini, dan terima kasih kepada Ketum.FWJ-INDONESIA yang memberikan dukungan sangat besar sehingga acara tersebut berjalan dengan lancar,sukses, dan khidmat, namun kita kita sangat haru tidak bisa hadirnya Bapak.Jendral TNI (Purn) DR.H.Moeldoko .I.P. Dikarenakan ada suatu hal kesehatannya," Jelas Rosmauli.

Hal senada yang disampaikan oleh perwakilan dari Bapak ( Jenderal TNI ( Purn) Moeldoko-red). Tutik. 

"Saya atas nama perwakilan, bahwa bapak tidak bisa hadir dikarenakan kurang sehat dan kini beliau di bawah ke Singapore untuk menjalani perawatan, hanya itu yang bisa saya sampaikan, sebelumnya mohon maaf sebesar-besarnya atas tidak kehadirannya bapak disini," jelas Tutik kepada para tamu undangan.

Ketua Umum.Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia.. Mustopa Hadi Karya yang akrab dipanggil Bang Opan. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah bekerja sama hingga acara sukses.



" Terima kasih kepada para Pengurus dan panita acara deklarasi ini, bu Ros sangat gigi untuk melakukan kegiatan ini, Saya sangat bangga kepada rekan-rekan wartwan di Kabupaten Bekasi bisa membangun suatu kebersamaan.

"Terimakasih kepada teman-teman dari Pemda, Muspika dan para rekan-rekan jurnalis yang turut hadir untuk menyaksikan prosesi pelantikan ini, ada suatu hal yang saya katakan dan cuma satu ,bahwa jurnalis adalah harus Indenpenden, dan pejabat pemerintah, TNI dan Polri ada masanya yaitu Pensiun, namun jurnalis tidak ada pensiunnya , bila kita bersama dan setara dengan tukang becak itulah kita dan bila   dengan Presiden kita selevel dan kita tidak perlu segan atau sungkan dengan pejabat , sebab kita dalam menjalankan tugas profesi ini, kita dilindungi oleh Undang-undang. Nomor. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan memiliki hak kebebasan, contoh  bila ada masyarakat yang mengeluh dan mengaduh bahwa dirinya tidak mendapatkan bantuan sosial BLT dan masyarakat berhak  mengadu kepada Wartawan, tapi bila ada oknum wartawan yang menanyakan ada biayanya , itu sangat miris sekali, sebab masyarakat yang ekonomi dibawah  tentu tidak mampu dan perlu kita bantu, kita sebagai sosial kontrol hanya bisa Menyampaikan. Keluhan masyarakat ke Pemerintah atau Pemerintah daerah, kita hanya mendorong saja agar hak-hak masyarakat terpenuhi, bila kita Menyampaikan. Tidak ada tanggapan maka kita akan melakukan aksi, dan siapa bilang wartawan tidak boleh demo, kita boleh demo karena punya hak sebagai warga negara.

FWJ-INDONESIA bukan kaleng-kaleng dan organisasi ini, beda dengan yang lain,Walaupun umurnya masih muda 3 (tiga) tahun berjalan sudah memiliki 23 Wilayah Cabang Tingkat Provinsi dan sesuai data yang ada di OKK pusat kita memiliki anggota total 2000 orang Jurnalis yang terdiri dari 413 Media.

 Walaupun mandat yang diberikan dari tahun 2020  kepada para rekan-rekan jurnalis kabupaten Bekasi tetap kuat dan semangat, sehingga  kini mencapai tujuannya untuk deklarasi di tahun 2022 ini, harapan kami kepada teman-teman yang tergabung di FWJ Indonesia. Korwil. Bekasi. Kabupaten Bekasi harus bisa menjaga nama baik organisasi dan menjalankan tugas jurnalis haru profesional, dan kita tidak boleh berafiliasi dengan partai politik, sebab gelombang politik sudah bergulir dan kita harus tetap netral," Tegas Opan.




DPP.FWJ Indonesia.memberikan perintah pada pengurus Pusat.Johan untuk membacakan  Pengambilan sumpah/ikrar  serta pembacaan SK.Penetapan Kepengurusan FWJ Indoneia Korwil Bekasi Kabupaten pada Hari Rabu. 09- Maret 2022 sesuai SK. Nomor.0011.01A/SK.P/FWJ/III/2022. Yang berbunyi : Berdasarkan hasil rapat koordinasi pengurus harian Dewan Pimpinan Pusat Forum Wartawan Jakarta ( DPP. FWJ)  Indoneia. Maka dianggap penting  dan perlu dibentuknya Pengurus Kordinator Wilayah Forum Wartawan Jakarta Indoneia tingkat Provinsi/Kota/Kabupaten sebagai upaya perluasan jaringan yang diamanatkan di dalam Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART ) Forum Wartawan Jakarta Indoneia .

Dengan Mempelajari , menguji kelayakan leadership maupun ketangkasan imajinasi journalus dan di anggap layak , maka  berdasarkan Surat Keputusan  Ketua Umum. Forum Wartawan Jakarta Indonesia untuk diberikannya SK. Penetapan Kepengurusan FWJ-Indonesia di Wilayah  Kordinator Kabupaten Bekasi dengan Nomor : 0011.01A/SK.P/FWJ/III/2022.Peralihan SK.Mandat Nomor : 002.4/SK-M/KORWIL/FWJ/XII/2020.

SK.ini mengefektifkan fungsional kinerja Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia guna meralusasikan program-progam dalam bentuk keseriusan dalam menjaga solidaritas berorganisasi yang mumpuni.

Untuk itu, disebutkan Susunan Kepengurusan.Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia .Kordinator Wilayah Bekasi Kabupaten : 

 Adapun Badan Pengawasan adalah : 

Pelindung : DPP. Forum Wartawan Jakarta  Indonesia.

Penasehat  : Muspida Kabupaten Bekasi.

Drs. George N Kuahaty.MM, Sumondang. SH.MH, Andy.SH.MH dan Arif Hidayat .SH.

Pembina : Jenderal TNI (Purn) DR.H. Moeldoko.S.I.P.

 Konsultan Hukum : Dwi Heri Mustika.SH., Azis Iswanto.SE.SH , Bamvang Sunyoto.SH.MH dan Sapto Wibowo Sutanto.SH.

Adapun para Badan Pengurus Harian FWJ Indonesia Kordinator. Bekasi Kabupaten diantaranya ;

Ketua Kord.Wilayah : Mombang Sitohang.SH

Sekretaris : Yosep Kurnia.SE dan Bendahara : Rosmauli Panggabean.

Ketua OKK : Rhagil Asmara Satyanegoro. Rs.I

Humas :  Hendra Setyawan

Adapun Kasih Bidang -Bidang antaralain adalah :

Kasi Bidang Kesra : H. Ruslani, Kasi.Bidang UMKM : Tika , Kasi. Bidang. Pendidikan : Krustjok.W , Kasi.Bidang. Kebudayaan : Ruslan Abdul Gani , serta Kasi.Bidang Pariwisata : Supraptini. S.Pd. dan Kasi.Bidang. Pemuda dan Olahraga : Susanto.

Adapun Nama- nama tersebut diatas benar adanya dan telah diberikan tanggung jawab sebagai Kepengurusan FWJ Indonesia . Kordinator Wilayah .Bekasi Kabupaten dan berdasarkan penetapan SK. Nomo. 001.01A/SK.P/FWJ/III/2022  selama 1(satu) atau 3(tiga) tahun kedepan setelah  ditandatanganinya Surat Keputusan ini, tertanggal 9 Maret 2022 sampai dengan  tanggal 9 Maret 2025. Demikian SK.FWJ Indonesia Kordinator Wilayah Bekasi Kabupaten ini, dibuat sebagai dasar legalitas Kepengurusan yang telah *DISAHKAN* dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. DPP. Forum Wartawan Jakarta Indonesia ditetapkan di JAKARTA pada tanggal 9 Maret 2022 yang ditanda tangani oleh Ketua Umum.Forum Wartawan Jakarta  Indonesia. Mustopa Hadi Karya. dan  Sekretaris Jenderal. DPP. FWJ.Indonesia. M.ICHSAN.

Acara selanjutnya. Penyerahan bendera pataka, dari Ketua Umum .FWJ Indonesia. Mustopa Hadi Karya Kepada Ketua.Korwil.FWJ Indonesia Bekasi Kabupaten. Mombang Sitohang.SH. 

dilanjutkan seluruh Para Pengurus yang dilantik dan dipandu oleh Pengurus DPP.. FWJ Indonesia, Johan. Untuk membacakan  kata Ikrar/sumpah sebagai Pengurus Forum Wartawan Jakarta Indonesia Korwil. FWJ Indonesia di Kabupaten Bekasi. sesuai Marwah organisasi yang berbunyi ;

1. Kami Wartawan Indonesia dengan ini, Menyatakan diri bersatu dalam wadah Forum Wartawan Jakarta Indonesia. Selalu memegang komitnen kesetiaan kepada Agama , Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945 dan Menjunjung tinggi AD/ART FWJ Indonesia ;

2. Kami Forum Wartawan Jakarta Indonesia akan selalu menjalin persatuan dan menjaga kesetaraan sebagai wujud kebersamaan ; 

3. Kami Forum Wartawan Jakarta Indonesia akan selalu menjunjung tinggi Amanah  Undang-undang. Nomor.40 Tahun 1999, dan bertekad      Mencerdaskan Kehidupan Bangsa ;

4. Kami Forum Wartawan Jakarta Indonesia. Akan selalu siap menjalankan tugas jurnalis secara profesional, Indenpenden dan dapat dipercaya ; dan

5. Kami Forum Wartawan Jakarta Indonesia. Anti Diskriminasi , Hoax dan Sara.

Mengingat pentingnya data tersebut diatasi dan Ikrar sejati  sebagai bingkai kepengurusan kordinator Wilayah Kabupaten Bekasi dan memiliki peran wadah para jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Jakarta Indonesia untuk dapat melaksanakan tugas journalustiknya sesuai Undang-undang Nomor. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik yang tidak terpisahkan dari Regulasi ini, dan juga anti Diskriminasi , serta berita Hoax dan Sara yang akan di tanam sepanjang masa.



Ketua Korwil Forum Wartawan Jakarta Indonesia. Bekasi Kabupaten. Mombang Sitohang.SH. Menyampaikan. Sepatakata. Kami sangat berterima kasih Kepada Ketum.FWJ-INDONESIA. Mustopa Hadi Karya atau Bang Opang yang telah memberikan support ,motivator kepada kami, agar lebih semangat mengerakan organisasi dan Terimakasih kepada para pejabat Kabupaten Bekasi serta para teman-teman wartawan yang hadir  dan mendukung di acara ini, semoga kita tetap menjalankan marwah organisasi FWJ-INDONESIA dengan kompak," tuturnya dengan singkat.


Adapun sambutan dari

  Plt Bupati Bekasi. H.Ahmad Marjuki yang diwakili oleh  Kabag. Prokopim. Kabupaten Bekasi *Ida Nuryadi*

Dalam Acara deklarasiForum wartawan Jakarta Indonesia

Hari Rabu. 09 Maret 2022 PKL10,00 S/d selesai, yang diselenggarakan 

di Aula Gedung juang 45 kecamatan Tambun Selatan


Kabag.Prokopim.Kabupaten Bekasi. Ida Nuryadi yang Mewakili Plt. Bupati Bekasi.Dalam sambutannya, kami atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi adanya kegiatan deklarasi forum watawan Jakarta Indonesia (FWJI)

Karna ini, merupakan sebuah wadah yang positif bagi para wartawan, untuk dapat saling berbagi atau berdiskusi satu dan lain hal," Terangnya.

Lebih lanjut.Beliau (Ida Nuryadi-red) mengucapkan terimakasih kepada para wartawan, yg selama ini telah memberikan informasi dan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat, khususnya di wilayah kabupaten Bekasi itu sendiri.


Kami pemerintah daerah, juga terus berupaya untuk mengurangi penyebaran berita/informasi Hoax atau berita palsu.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini, perlu adanya sinergi yang di lakukan dengan berbagai pihak, salah' satunya adalah sinergitas yang  dibangun antara pemerintah daerah dengan rekan rekan wartawan sekalian," Katanya.

"Terakhir saya ( Ida Nuryadi-red ) berharap para wartawan dapat semakin menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, serta dapat selalu berpihak kepada kebenaran

Dalam menyebarkan berita  setiap informasi kepada masyarakat," tutup Ida Nuryadi diakhir sambutannya,


Motifasi Pendiri.FWJ-INDONESIA. Wulan . Menyampaikan. Puji Syukur Kita limpahkan terhadap Allah.S.W.T   bahwa kita bersama dan para hadirin yang menyempatkan hadir ditempat ini, Alhamdulillah bahwa FWJ-INDONESIA Korwil Bekasi. Kabupaten sudah terbentuk, dengan  seiringnya waktu yang cukup lama , kini Korwil Kabupaten Bekasi  sukses mendeklarasikan dan saya ( wulan-red ) mengucapkan selamat dan sukses dilantik secara sah, dan saya selaku pendiri  mengharapkan, apa yang disampaikan oleh Bapak Ketua Umum kita , agar para jurnalis yang tergabung di FWJ Indonesia Korwil. Bekasi. Kabupaten. Bisa sinergi dengan pihak Muspida, Muspika dan sebagainya , untuk menjalankan tugas  sesuai fungsinya dengan benar, apa yang disampaikan dari perwakilan dari Pemda tadi, sebagai acuan agar Wartawan tidak menyebarkan berita bohong atau Hoax. Bahwa kita menjalankan Tugas dilindungi oleh Undang-undang. Nomo.40 Tahun 1999. Kita memiliki kebebasan pers,  dengan adanya Undang-undang. Lexspecialis, kita tidak boleh arogan dan sombong, apabila memberitakan dengan akurat dan yang diberitakan juga tidak boleh arogan atau mudah melaporkan kepolisi, padahal disitu ada hak jawabnya dan bila tidak berimbang maka dirugikan dari pemberitaan tersebut, bisa melapor ke Dewan Pers.sebab sengketa jurnalistik bukan merupakan tindak pidana.

Marilah kita sama-sama  sebagai kontrol untuk membangun dan memajukan Negeri ini," tegasnya didepan para tamu Undangan yang hadir dalam acara deklarasi ini.


*( Rhagil234)*

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »