Puskesmas Banyuates Sampang Sosialisasikan 5 Pilar STBM di 12 Desa

 


Puskesmas Banyuates Saat Melakukan Sosialisasi 5 Pilar STBM di Desa Kembang Jeruk (Foto: Varies)


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Puskesmas Banyuates Sampang gencar melakukan sosialisasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) diwilayah barat Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Kamis (31/03/2022).


STBM ini adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral dan merupakan pendekatan untuk merubah perilaku menjadi higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.


Lima pilar tersebut antara lain, stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum-makanan rumah tangga (PAMM RT), pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT) dan pengelolaan limbah cair rumah tangga (PLC RT).


Kepala Puskesmas Banyuates, dr Endang Murdaningrum mengatakan, sosialisasi ini akan dilaksanakan di 12 desa wilayah barat Kecamatan Banyuates. Untuk sekarang ini kami fokus di Desa Kembang Jeruk, Kecamatan Banyuates.


"Tujuannya dilaksanakan sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran, kemauan serta kemampuan hidup sehat bagi setiap warga agar terwujud derajat kesehatan yang optimal," ungkapnya.


Menurut dr Endang Murdaningrum, saat ini kami fokus di Desa Kembang Jeruk mengingat warga setempat masih banyak warga yang tidak memiliki jamban. Adapun sosialisasi yang kita sampaikan yaitu lima pilar, hal ini untuk menambah pengetahuan warga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan warga,” katanya.


Pihaknya juga berharap masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan bagi kehidupan, sehingga masyarakat menyadari buang air besar sembarangan itu tidak baik dan semoga warga juga mengurangi membuang sampah dengan cara sembarangan sembarangan," tegasnya. (Rez/Sur)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »