Amankan Rumah yang Ditinggal Mudik, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Aktifkan Siskamling

 


Pemalang -  - Trankonmasi.com

Memasuki masa mudik lebaran, Bhabinkamtibmas Desa Pegundan Polsek Petarukan Polres Pemalang Aipda Andri Yudi Atmoko mengajak warga di desa binaannya untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di lingkungan RT/RW masing-masing.


Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo melalui Kapolsek Petarukan AKP Agus Soleh mengatakan, sebagian warga pendatang yang bertempat tinggal di Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman selama mudik lebaran.


"Sehingga, partisipasi warga dalam menjaga keamanan melalui Siskamling sangat diperlukan untuk mencegah tindak kejahatan di lingkungannya masing-masing," kata Kapolsek Petarukan.



Kapolsek Petarukan mengatakan, Bhabinkamtibmas juga telah berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk meminta warga, agar melapor pada ketua RT/RW terlebih dahulu sebelum bepergian untuk mudik.


"Warga yang akan mudik juga diminta untuk memberitahu pada tetangga sekitar, sehingga rumah yang ditinggalkan mudik dapat dilakukan pengawasan bersama-sama," kata Kapolsek.


Untuk mencegah aksi kejahatan menjelang lebaran, Kapolsek Petarukan mengatakan, Polsek Petarukan Polres Pemalang telah melakukan upaya pencegahan dengan melaksanakan patroli di tempat rawan dan pemukiman penduduk.



"Meskipun Kepolisian telah meningkatkan patroli, diharapkan kekompakan warga dalam melaksanakan Siskamling dapat menciptakan lingkungan yang aman selama mudik lebaran," kata Kapolsek.

J Trankonmasi Tim

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »